Muftihatun Nashihah, NIM. 20116923 and Dr. Eliyanto, M.Pd.I., NIDN. 2108058801 (2024) Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 2 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (917kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk dapat mengetahui seberapa besar minat belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Kebumen terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak; (2) untuk mengetahui minat membaca pada siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Kebumen pada mata pelajaran akidah akhlak; (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Kebumen pada mata pelajaran akidah akhlak; (4) untuk mengetahui tata krama siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Kebumen dalam penerapan mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini merupakan suatu Penelitian Kualitatif. Penelitian ini, dilakukan kepada siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kebumen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan disini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa informasi yang nyata, mendalam, dan jelas didapat dari responden yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran akidah akhlak, guru wali kelas VII, guru BK, dan siswa-siswi kelas VII MTs Negeri 2 Kebumen, terkait evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak telah dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur yang ditetapkan madrasah. Guru mata pelajaran akidah akhlak dalam merumuskan tujuan, menentukan aspek yang akan dinilai nantinya dalam proses pembelajaran, menentukan metode yang akan digunakan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan menentukan alat atau instrument evaluasi pembelajaran sebelum evaluasi pembelajaran, semua itu dilakukan hanya terkadang saja, melihat situasi. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dengan pendekatan kualitatif tepat digunakan untuk meneliti tentang evaluasi pembelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 2 Kebumen yang terdapat tiga tahapan, yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan pengolahan data evaluasi; (2) terdapat faktor internal dan faktor eksternal terhadap proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Sehingga berdampak kepada proses pelaksanaan pembelajaran siswa. Dimana siswa kelas VII masih membutuhkan guru yang mengajar dengan metode menyenangkan, sebab mereka masih terbawa suasana seperti di SD/MI. Maka dari itu, dalam evaluasi pembelajaran dibutuhkan solusi dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang variatif agar anak bertahap dalam memahami materi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Eliyanto, M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran dan Pembelajaran Akidah Akhlak |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 19 Sep 2024 01:55 |
| Last Modified: | 19 Sep 2024 01:55 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1222 |
