Implementasi Metode Hafalan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada mata Pelajaran Al Qur‟an Hadits Kelas XI Di MAN 3 Kebumen Tahun Pelajaran 2023/2024

Yuli Oktariyanti, NIM. 19116639 and Fuad Hasyim, M.Pd.I., NIDN. 2126028801 (2023) Implementasi Metode Hafalan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada mata Pelajaran Al Qur‟an Hadits Kelas XI Di MAN 3 Kebumen Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian adalah : (1) untuk mengetahui implementasi metode hafalan pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits kelas XI Di MAN 3 Kebumen. (2) untuk mengetahui dampak implementasi metode hafalan terhadap minat belajar peserta didik kelas XI di MAN 3 Kebumen.(3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode hafalan pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits kelas XI di MAN 3 Kebumen. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di MAN 3 kebumen. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dicocokan data hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi. menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) implementasi metode hafalan untuk meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al Qur‟an Hadits kelas XI dilaksanakan sesudah guru menyampaikan materi dan pada setiap pertemuan mata pelajaran Al Qur‟an Hadits peserta didik selalu menyetorkan hafalan untuk materi yang harus di setorkan. (2) hasil implementasi metode hafalan untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI yakni : meningkatnya minat belajar peserta didik dibuktikan dengan siswa merespon aktif pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dari guru dengan keabsahan ayat-ayat Al Qur‟an dan Hadits yang sudah dihafalkan. (3) faktor yang mempengaruhi hafalan peserta didik ada faktor pendukung da nada faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi peranan guru dan antusiasme peserta didik dan Faktor penghambat yakni kemalasan dan kemampuan menghafal peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Fuad Hasyim, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Hafalan, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:52
Last Modified: 18 Sep 2024 02:52
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item
View Item