Yuli Oktariyanti, NIM. 19116639 and Fuad Hasyim, M.Pd.I., NIDN. 2126028801 (2023) Implementasi Metode Hafalan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada mata Pelajaran Al Qur‟an Hadits Kelas XI Di MAN 3 Kebumen Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (702kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian adalah : (1) untuk mengetahui implementasi metode hafalan pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits kelas XI Di MAN 3 Kebumen. (2) untuk mengetahui dampak implementasi metode hafalan terhadap minat belajar peserta didik kelas XI di MAN 3 Kebumen.(3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode hafalan pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits kelas XI di MAN 3 Kebumen. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di MAN 3 kebumen. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dicocokan data hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi. menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) implementasi metode hafalan untuk meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al Qur‟an Hadits kelas XI dilaksanakan sesudah guru menyampaikan materi dan pada setiap pertemuan mata pelajaran Al Qur‟an Hadits peserta didik selalu menyetorkan hafalan untuk materi yang harus di setorkan. (2) hasil implementasi metode hafalan untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI yakni : meningkatnya minat belajar peserta didik dibuktikan dengan siswa merespon aktif pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dari guru dengan keabsahan ayat-ayat Al Qur‟an dan Hadits yang sudah dihafalkan. (3) faktor yang mempengaruhi hafalan peserta didik ada faktor pendukung da nada faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi peranan guru dan antusiasme peserta didik dan Faktor penghambat yakni kemalasan dan kemampuan menghafal peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Fuad Hasyim, M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Hafalan, Minat Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 18 Sep 2024 02:52 |
| Last Modified: | 18 Sep 2024 02:52 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1221 |
