Upaya Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen

Laeli Mubarokah, NIM. 20116832 and Fuad Hasyim, M.Pd.I., NIDN. 2126028801 (2024) Upaya Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB I skripsi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of BAB III skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB III skripsi.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen; (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen; (3) untuk mengetahui upaya Al-Qur’an Hadist dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al�Qur’an. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas VIII MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an kurang baik seperti membaca huruf yang seharusnya dibaca mad terkadang tidak dibaca panjang, yang seharusnya dibaca pendek dibaca panjang; (2) kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an antara lain kesulitan membedakan huruf hijaiyah, kesulitan menerapkan hukum tajwid dan kesulitan dalam membaca huruf yang bersambung; (3) upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yaitu membangkitkan minat siswa dalam membaca Al-Qur’an, pemilihan dan pengembangan metode pembelajaran, memberikan teladan yang baik dan program pembiasaan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Fuad Hasyim, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, kesulitan membaca, upaya guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:32
Last Modified: 12 Sep 2024 07:32
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item
View Item