Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika di MI Ma’arif Wotbuwono

Prasukadana Welas Asih, NIM.2012910 (2024) Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika di MI Ma’arif Wotbuwono. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Prasukadana Welas Asih. 2012910. Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika di MI Ma’arif Wotbuwono.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa; (2) mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa; (3) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa
kelas III B MI Ma’arif Wotbuwono. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah guru kelas III B dan siswa kelas III B MI Ma’arif Wotbuwono dengan jumlah 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksaan pembelajaran yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan, kesulitan dalam memahami simbol, kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, kesulitan mengenal nilai tempat, siswa sering melakukan kesalahan dalam menulis angka, dan siswa sering melakukan kesalahan dalam perhitungan karena kurang teliti. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas III B yaitu (Faktor Internal: sikap siswa dalam belajar, motivasi belajar, kesehatan tubuh) dan (Faktor Eksternal: metode yang kurang menarik, media pembelajaran, sarana dan prasarana, serta kurangnya perhatian dari orang tua). Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu mengulang soal-soal kepada siswa, lalu siswa yang belum paham
sering ditunjuk untuk maju mengerjakan di depan sambil diajari, dan guru memotivasi siswa sebelum pembelajaran dimulai

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Subarkah,M.Pd
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:30
Last Modified: 11 Sep 2024 02:30
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item
View Item