Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Mengatasi Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Satu Atap Karangsambung Kebumen

Fathus Sodiq, NIM. 2211001 and Dr. Eliyanto, M.Pd.I., NIDN. 2108058801 (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Mengatasi Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Satu Atap Karangsambung Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran guru pendidikan Agama Islam untuk mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Satu Atap Karangsambung Kebumen. (2) untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying yang dialami siswa kelas VIII di SMPN 3 Satu Atap Karangsambung Kebumen. (3) untuk mengetahui faktor penyebab bullying yang dilakukan siswa kelas VIII di SMPN 3 Satu Atap Karangsambung Kebumen. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa kelas VIII di SMPN 3 Satu Atap Karangsambung Kebumen. Analisis data dilakukan dengan teknik kondensasi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran guru sangat vital dalam mengatasi bullying, dengan melatih siswa agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan akhlak yang baik. Guru berfungsi sebagai pendidik yang memberi nasihat dan sanksi bagi perilaku buruk, sebagai teladan yang menjaga tingkah laku dan memberikan contoh positif, serta sebagai pembimbing yang memberikan arahan dalam pembelajaran dan kegiatan sekolah. (2) Bentuk bullying yang terjadi di SMPN 3 Satu Atap Karangsambung meliputi menjewer teman, mengolok-olok, mengucilkan, dan mengejek. (3) Faktor penyebab bullying terdiri dari faktor individu, sekolah, dan lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eliyanto, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: peran guru pendidikan agama Islam, perilaku bullying, faktor bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2024 01:13
Last Modified: 07 Sep 2024 01:13
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item
View Item