Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Habit Forming (Pembiasaan) di SD Negeri 1 Candi Karanganyar

Elda Ajizatul Agustina, NIM. 20116912 and Dr. Eliyanto, M.Pd.I., NIDN. 2108058801 (2024) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Habit Forming (Pembiasaan) di SD Negeri 1 Candi Karanganyar. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui program Habit Forming (Pembiasaan) di SD Negeri 1 Candi Karanganyar, proses internalisasi nilai�nilai pendidikan Islam di SD Negeri 1 Candi Karanganyar, serta mengetahui hambatan yang terjadi dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui Habit Forming (pembiasaan) di SD Negeri 1 Candi Karanganyar dan solusi yang dilakukan dalam mengatasinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai kegiatan pembiasaan yang dalam kegiatannya menanamkan 3 nilai pendidikan Islam yang terbentuk dalam diri siswa di antaranya yakni nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. (1) Pembiasaan terdiri dari pembiasaan tahunan, mingguan, bulanan, harian dan spontan. (2) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di SD Negeri 1 Candi tertuang dalam kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan,dan dibedakan menjadi 3 nilai yakni nilai akidah, ibadah serta akhlak yang dalam masing-masing nilai terdapat beberapa kegiatan pembiasaan serta tahapan internalisasi yang berbeda. (3) Hambatan yang terjadi ada 3 yakni usia, waktu dan tempat, ketiganya telah ditemukan solusi yang menjadikan sebagai evaluasi guna memperbaiki pembiasaan kedepannya. Keberhasilan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembiasaan di SD Negeri 1 Candi Karanganyar telah berhasil, nilai-nilai pendidikan Islam perlahan diterima oleh siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eliyanto, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam, Habit Forming (Pembiasaan)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:34
Last Modified: 29 Aug 2024 02:34
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item
View Item