Evi Astiningsih, NIM.1913202 (2023) Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di TPQ As Salafiyah Jogomertan Petanahan. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1). COVER.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
2). BAB I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
3). BAB II.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
4). BAB III.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
5). BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (871kB)
6). BAB V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
7). DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Evi Astiningsih. 1913202. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di TPQ As Salafiyah Jogomertan Petanahan. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama
Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan (POAC) dalam manajemen kelas di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) As-Salafiyah Petanahan. Manajemen kelas yang efektif adalah kunci dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal,khususnya dalam konteks pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi
untuk mengumpulkan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPQ As-Salafiyah Petanahan telah berhasil menerapkan teori POAC secara komprehensif. (1) pada tahap perencanaan, guru dan pengelola TPQ menetapkan tujuan pembelajaran yang
jelas, menyusun kurikulum yang sesuai, dan merancang strategi pengajaran yang efektif. Pengorganisasian dilakukan melalui pembagian tugas yang jelas antara guru dan staf, pengelolaan ruang kelas yang mendukung proses belajar, dan
pengaturan waktu belajar yang optimal. Dalam tahap pelaksanaan, guru menggunakan berbagai metode pengajaran yang interaktif dan sumber daya yang ada untuk meningkatkan pemahaman siswa. Pengawasan dilakukan melalui evaluasi rutin terhadap kemajuan belajar siswa dan kinerja guru, serta melibatkan partisipasi aktif orang tua. (2) kendala yang dihadapi yaitu minat dan perhatian siswa yang kurang, kemampuan anak yang berbedadan usia Pra Tk dimana mereka lebih asik dengan kegiatan sendiri dan masih senang bermain-main
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Imam Subarkah,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:43 |
| Last Modified: | 31 Jul 2024 04:43 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1175 |
