Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di TPQ As Salafiyah Jogomertan Petanahan. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.

Evi Astiningsih, NIM.1913202 (2023) Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di TPQ As Salafiyah Jogomertan Petanahan. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1). COVER.pdf]
Preview
Text
1). COVER.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of 2). BAB I.pdf]
Preview
Text
2). BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 3). BAB II.pdf]
Preview
Text
3). BAB II.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of 4). BAB III.pdf]
Preview
Text
4). BAB III.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 5). BAB IV.pdf] Text
5). BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[thumbnail of 6). BAB V.pdf]
Preview
Text
6). BAB V.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 7). DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7). DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Evi Astiningsih. 1913202. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di TPQ As Salafiyah Jogomertan Petanahan. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama
Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan (POAC) dalam manajemen kelas di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) As-Salafiyah Petanahan. Manajemen kelas yang efektif adalah kunci dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal,khususnya dalam konteks pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi
untuk mengumpulkan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPQ As-Salafiyah Petanahan telah berhasil menerapkan teori POAC secara komprehensif. (1) pada tahap perencanaan, guru dan pengelola TPQ menetapkan tujuan pembelajaran yang
jelas, menyusun kurikulum yang sesuai, dan merancang strategi pengajaran yang efektif. Pengorganisasian dilakukan melalui pembagian tugas yang jelas antara guru dan staf, pengelolaan ruang kelas yang mendukung proses belajar, dan
pengaturan waktu belajar yang optimal. Dalam tahap pelaksanaan, guru menggunakan berbagai metode pengajaran yang interaktif dan sumber daya yang ada untuk meningkatkan pemahaman siswa. Pengawasan dilakukan melalui evaluasi rutin terhadap kemajuan belajar siswa dan kinerja guru, serta melibatkan partisipasi aktif orang tua. (2) kendala yang dihadapi yaitu minat dan perhatian siswa yang kurang, kemampuan anak yang berbedadan usia Pra Tk dimana mereka lebih asik dengan kegiatan sendiri dan masih senang bermain-main

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Subarkah,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:43
Last Modified: 31 Jul 2024 04:43
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item
View Item