Nurul Wakhidati Istihosah, NIM. 20117013 and Siti Fatimah, M.Pd., NIDN. 2114028901 (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV di MI Muhammadiyah Semondo. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka ditinjau dari konten, proses, produk, dan lingkungan belajar pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MI Muhammadiyah Semondo; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Peserta didik yang diteliti adalah kelas IV MI Muhammadiyah Semondo sejumlah 50 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MI Muhammadiyah Semondo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data bersifat induktif/kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MI Muhammadiyah Semondo, guru memulai dengan melakukan asesmen awal untuk mengetahui gaya belajar peserta didik. Selanjutnya guru menyusun langkah�langkah pembelajaran yang memuat diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar, yang sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik; (2) faktor pendukung pembelajaran berdiferensiasi yaitu adanya kebijakan dilakukannya kurikulum merdeka, dukungan dari kepala madrasah, dan lingkungan belajar yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah mengatur waktu agar efektif dan kesulitan dalam proses penilaian, solusinya adalah membuat perencanaan pembelajaran yang jelas dan rubrik penilaian yang rinci.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Siti Fatimah, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Fiqih, Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 27 Jul 2024 03:32 |
| Last Modified: | 27 Jul 2024 03:32 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1167 |
