Implementasi Pendidikan Pluralisme Agama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Poncowarno

ALFI MA’MUNATUN HASANAH, NIM. 19116645 and Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd., NIDN. 2122019103 (2023) Implementasi Pendidikan Pluralisme Agama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Poncowarno. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB II.pdf]
Preview
Text
2. BAB II.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan pluralisme agama di SMP Negeri 1 Poncowarno dan juga untuk mendeskripsikan bagaimana tantangan guru dalam menanamkan pendidikan plurasme agama di SMP Negeri 1 Poncowarno. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan pluralisme di SMP Negeri 1 Poncowarno sudah menggunakan teori dari Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yaitu dengan diterapkan nilai dasar yang ada di dalam pluralisme mulai yang, Pertama Nilai kemajemukan yang tercemin pada aspek yang diterapkan di SMP Negeri 1 Poncowarno melalui program yang mana Siswa dan siswi muslim dan non muslim melakukan diskusi bersama di dalam kelas, Guru memimpin doa menurut keyakinan masing-masing siswa. Kedua Nilai Kebangsaan yang tercemin pada aspek yang diterapkan melalui kegiatan, Siswa mengikuti kegiatan upacara setiap hari Senin, Siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya sebelum memulai pelajaran, Menggunakan bahasa Indonesia ketika sedang pelajaran bahasa Indonesia. Faktor pendukung dan penghambatan guru dalam implemantasi pendidikan pluralisme yaitu adanya praktik, kesadaran bertoleransi antar guru maupun siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu ada beberapa guru yang mempunyai sifat ekslusif dan ketidaknyamanan dalam menyampaikan pembembelajaran karena bebeda agama.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan pluralisme, nilai kemajemukan, nilai kebangsaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:05
Last Modified: 27 Jul 2024 02:05
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item
View Item