Firdos Ade Pratama, NIM. 1921159 and Dr. Umi Arifah,M.M, NIDN.2114088703 (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK GENTENG DM SOKKA KEBUMEN. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (462kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Bergerak sebagai industri kecil pembuat genteng di Kabupaten Kebumen mengharuskan Genteng DM Sokka Kebumen bersaing dengan ketat, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang dapat memberikan volume penjualan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan Genteng DM Sokka Kebumen dalam meningkatkan volume penjualan produk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, desain penelitian deskriptif. Tempat penelitian pada industri kecil Genteng DM Sokka Kebumen dengan narasumber penelitian berjumlah 5 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa strategi pemasaran Genteng DM Sokka Kebumen dalam meningkatkan volume penjualan dilakukan dengan cara: 1) segmentation yang fleksibel dengan melihat kondisi pasar dan
memperhatikan produk dari segi kegunaannya menunjukkan bahwa produk genteng bukan produk sajian di mana semua orang butuh setiap hari; 2) targeting dengan cara menargetkan pembeli tertentu sebagai target utama pemasaran, selain itu juga tetap menargetkan pasar secara umum; 3) positioning dengan cara bersaing kualitas daripada bersaing harga dan Genteng DM Sokka Kebumen menjalankan prinsip tersebut; 4) harga dengan menempatkan harga sesuai kualitas produk dan biaya
pembuatannya; 5) promosi dengan cara menguatkan promosi offline serta menjamah lebih jauh promosi secara online; 6) kualitas dengan cara mengedepankan kualitas
produk daripada bersaing harga yang akan membuat menurunnya kepercayaan konsumen terhadap produk; 7) secara khusus Genteng DM Sokka belum menerapkan sistem saluran distribusi dalam hal ini membangun mitra kerja dengan pihak lain; 8)
produk genteng yang diproduksi Genteng DM Sokka Kebumen dibuat berdasarkan kebutuhan dan keselarasan pelanggan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Umi Arifah,M.M |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:31 |
| Last Modified: | 18 Jul 2024 04:31 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1157 |
