Implementasi Media Pembelajaran PAI Berbasis Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 2 Kebumen

Khafifah Hikmatul Maula, NIM. 21110040 (2025) Implementasi Media Pembelajaran PAI Berbasis Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 2 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (659kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (272kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikian implementasi media
pembelajaran PAI berbasis digital terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MAN
2 Kebumen kelas X. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor
penghambat implementasi media pembelajaran PAI berbasis digital terhadap hasil
belajar siswa di kelas X MAN 2 Kebumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi
siswa kelas X dengan keunggulan riset (X-E5) dan enterpreneur (X-E9), serta guru
mata pelajaran fikih kelas X di MAN 2 Kebumen. Data yang dikumpulkan berupa
data implementasi media pembelajaran digital pada mata pelajaran fikih di kelas X
MAN 2 Kebumen. Analisis data yang digunakan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan
data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fikih kelas
X di MAN 2 Kebumen yaitu menggunakan video dari youtube, presentasi interaktif
powerpoint atau canva, serta google form yang digunakan sebagai alat evaluasi.
Penggunaan media digital tersebut dipadukan dengan penjelasan langsung oleh
guru untuk mendukung pemahaman siswa terhadap materi. Faktor pendukung
implementasi meliputi ketersediaan sarana dan prasarana seperti smart tv, akses
computer dan internet, serta pelatihan bagi guru dalam penggunaan teknologi.
Hambatan yang ditemukan berupa gangguan fokus siswa, kestabilan jaringan
internet, dan gap skills penggunaan teknologi antara guru dan siswa. Pengawasan
guru dan strategi seperti ice breaking diterapkan guna menjaga konsentrasi siswa.
Penelitian ini menekankan pentingnya keseimbangan antara penggunaan media
digital dan metode pengajaran langsung demi mencapai tujuan pembelajaran secara
optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr. Eliyanto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Media Pembelajaran PAI Berbasis Digital, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:40
Last Modified: 04 Nov 2025 02:40
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item
View Item