Pemahaman Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen

Khusni Tamrin, NIM.19116730 and Nuraini Habibah, M.S.I, . (2023) Pemahaman Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (280kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (157kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK
Khusni Tamrin. 19116730. Pemahaman Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen Penelitian ini di latarbelakangi oleh pendidikan saat terjadi perubahan kurikulum yang disebut kurikulum merdeka belajar. Perubahan dalam pendidikan
menuntut guru memiliki kompetensi dalam pembelajaran. Salah satunya guru dapat memahami kurikulum merdeka belajar yang susuai dengan ditetapkan oleh
Kemendikbud Tujuan penelitian ini untuk :1) Mengetahui pemahaman guru PAI terhadap konsep kurikulum merdeka belajar. 2) Mengetahui kendala atau hambatan dalam
pemahaman guru PAI terhadap kurikulum merdeka belajar.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ada 3 yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis femonologi, sedangkan analisis data dengan
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pemahaman guru PAI terhadap konsep
kurikulum merdeka belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen dilevel pemahaman menengah karena guru PAI sudah memahami garis besar kurikulum merdeka, dan
juga dalam merumuskan KOSP, akan tetapi dalam bagian konsep pembelajaran dan assessment serta dalam merumuskan P5 guru masih membutuhkan pemahaman dan kompetensi yang mendalam. 2) Kendala dalam pemahaman guru PAI terhadap kurikulum merdeka belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen adanya
sumber daya manusia yang masih kurang berkompeten serta juga sarana dan prasarana yang kurang memadai

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Nuraini Habibah, M.S.I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:46
Last Modified: 25 Oct 2023 01:46
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item
View Item