Khusni Tamrin, NIM.19116730 and Nuraini Habibah, M.S.I, . (2023) Pemahaman Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (189kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (280kB)
4. BAB III.pdf
Download (188kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (350kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB)
Abstract
ABSTRAK
Khusni Tamrin. 19116730. Pemahaman Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen Penelitian ini di latarbelakangi oleh pendidikan saat terjadi perubahan kurikulum yang disebut kurikulum merdeka belajar. Perubahan dalam pendidikan
menuntut guru memiliki kompetensi dalam pembelajaran. Salah satunya guru dapat memahami kurikulum merdeka belajar yang susuai dengan ditetapkan oleh
Kemendikbud Tujuan penelitian ini untuk :1) Mengetahui pemahaman guru PAI terhadap konsep kurikulum merdeka belajar. 2) Mengetahui kendala atau hambatan dalam
pemahaman guru PAI terhadap kurikulum merdeka belajar.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ada 3 yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis femonologi, sedangkan analisis data dengan
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pemahaman guru PAI terhadap konsep
kurikulum merdeka belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen dilevel pemahaman menengah karena guru PAI sudah memahami garis besar kurikulum merdeka, dan
juga dalam merumuskan KOSP, akan tetapi dalam bagian konsep pembelajaran dan assessment serta dalam merumuskan P5 guru masih membutuhkan pemahaman dan kompetensi yang mendalam. 2) Kendala dalam pemahaman guru PAI terhadap kurikulum merdeka belajar di SMK Batik Sakti 1 Kebumen adanya
sumber daya manusia yang masih kurang berkompeten serta juga sarana dan prasarana yang kurang memadai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nuraini Habibah, M.S.I |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 01:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 01:46 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/998 |