STRATEGI MARKETING MIX PADA PRODUK SIMPANAN DI KSPPS NUSA UMMAT SEJAHTERA CABANG KUTOARJO

Ulfah Zulianti, NIM.17.23013 (2021) STRATEGI MARKETING MIX PADA PRODUK SIMPANAN DI KSPPS NUSA UMMAT SEJAHTERA CABANG KUTOARJO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi ES Cover] Text (Skripsi ES Cover)
1.cover.pdf - Published Version

Download (484kB)
[thumbnail of Skripsi ES BAB I] Text (Skripsi ES BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB)
[thumbnail of Skripsi ES BAB V] Text (Skripsi ES BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB)

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui : menganalisis strategi marketing mix
6P produk (Product), harga (Price), lokasi (Place), promosi (Promotion), orang (People), dan
proses (Process) di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera, dan Strategi marketing mix apa yang
paling menarik pada animo masyarakat menjadi nasabah di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera
Cabang Kutoarjo.
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya penurunan pada produk simpanan yaitu
simpanan pendidikan dan simpanan berjangka. Dikarenakan kurangnya pemahaman pada
masyarakat terhadap produk tersebut. Sedangkan untuk produk simpanan wadi’ah mengalami
penurunan dikarenakan kurangnya aktivitas promosi yang dilakukan oleh KSPPS NUS.
Sehingga pada produk simpanan tersebut tidak mengalami kenaikan disetiap tahunnya.
Penelitian ini menggunakan teori marketing mix dari Tatik Suryani dan indikator teori dalam
penelitian ini yaitu unsur-unsur 6P yaitu produk (Product), harga (Price), lokasi (Place),
promosi (Promotion), orang (People), dan proses (Process).
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan
dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala pimpinan, staff karyawan dan anggota.
Observasi dilakukan dengan mengamati strategi marketing mix yang ada di KSPPS Nusa
Ummat Sejahtera. Sedangkan dokumentasi dilakukan sebagai bukti dan informasi yang
terkait pada KSPPS Nusa Ummat Sejahtera.
Berdasarkan hasil penelitian ini pada strategi marketing mix di KSPPS Nusa Ummat
Sejahtera adalah melakukan strategi Produk yang menguntungkan untuk anggota, strategi
Harga relative murah, Lokasi KSPPS NusaUmmat Sejahtera yang strategis, Promosi yang
dilakukan pada marketing dengan sistem jemput bola , pelayanan karyawan yang baik dan
ramah, dan proses yang mudah dalam melakukan pembukaan rekening maupun transaksi.
Kata Kunci: Marketing Mix, 6P, Produk Simpanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, 6P, Produk Simpanan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2021 08:15
Last Modified: 10 Oct 2021 08:15
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item
View Item