Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Disiplin dan Bertanggung Jawab Siswa Pascapandemi Covid-19 di SMK Ma’arif 1 Kebumen

Wiji Astuti, 19116809 and Atim Rinawati, M.Pd, 2126058701 (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Disiplin dan Bertanggung Jawab Siswa Pascapandemi Covid-19 di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (628kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (851kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (418kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (304kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (409kB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini adalah permasalahan permasalahan yang ditemui dalam dunia pendidikan pasca pandemi Covid-19 terutama dalam hal kedisiplinan. Tujuan Penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam membangun karakter disiplin dan bertanggung jawab siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen Pascapandemi Covid-19; (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pembangunan karakter disiplin dam bertanggung jawab siswa di SMK Ma’ari 1 Kebumen Pascapandemi Covid-19 Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif. Adapun desain penelitiannya adalah deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk analisis data penulisan menggunakan analisis dari Milles & Huberman Teknik pengolahan data menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam membangun karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pascapandemi covid-19 yaitu guru mempunyai peran diantaranya adalah dengan mulai membangun kembali rutinitas seperti sebelum pandemic, peran yang pertama adalah sebagai pengajar, peran yang kedua adalah sebagai pembimbing dan peran yang ketiga adalah sebagai motivator serta menggunakan beberapa metode seperti metode keteladanan, pembiasaan, metode nasihat, dan metode hadiah dan hukuman. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam membangun karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pascapandemi Covid-19 yaitu seluruh pihak sekolah, budaya pembiasaan sekolah, serta kerjasama antara guru dan orang tua, sedangkan, yang menjadi faktor penghambat guru PAI dalam membangun karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pasca pandemi covid-19 yaitu yang pertama kesadaran diri siswa, kedua gadget dan yang ketiga lingkungan tempat tinggal siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Atim Rinawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab, Siswa, Pascapandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:27
Last Modified: 17 Oct 2023 04:27
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item
View Item