MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS TARBIYATUL ‘ULUM TIRTOMOYO KECAMATAN PONCOWARNO

Afifatun Nahriyah, NIM. 1913167 and Dr. Eliyanto, M.Pd, . (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS TARBIYATUL ‘ULUM TIRTOMOYO KECAMATAN PONCOWARNO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (501kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (217kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTRA PUSTAKA.pdf] Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK
Afifatun Nahriyah. 1913167. Manajemen Pembelajaran dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno.
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui penerapan manajemen pemebelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo; (2) untuk mengetahui hasil dari manajemen pembelajaran
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo; (3) untuk mengetahui apa saja kendala/hambatan dalam melaksanakan manajemen
pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang Kepala Madrasah, 1 orang Waka Kurikulum, 4 orang Guru dan 3 Peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo dilakukan dengan cara Perencanaan pembelajaran
meliputi: Silabus, RPP, Program Tahunan, Semesteran. Pengorganisasian meliputi: model pembelajaran, media pembelajaran, guru sesuai dengan kompetensinya. Pelaksanaan meliputi: Kegiatan Pendahuluan, Inti dan penutup pembelajaran. Pengawasan meliputi: Madrasah bekerjasama dengan Wali Murid untuk mengawasi proses pembelajaran, dan Evaluasi meliputi: penilaian berbasis kelas yang mencakup ranah kognitif, psikomotorik dan afektif.; (2) Hasil
pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo sudah baik dalam segi akademik maupun non akademik; (3) Kendala/Hambatan dalam melaksanakan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo meliputi kelas kurang kondusif, jam pelajaran sering kosong dan siswa sering tertidur saat jam pelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eliyanto,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:25
Last Modified: 17 Oct 2023 03:25
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item
View Item