Pengaruh penerapan Metode Peer Teaching dalam Meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur'an Juz Amma di madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ihsan Desa Gemeksekti Kec. Kebumen

Farida Nur Barokah, NIM.19116656 (2023) Pengaruh penerapan Metode Peer Teaching dalam Meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur'an Juz Amma di madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ihsan Desa Gemeksekti Kec. Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (638kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (584kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (564kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (588kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version

Download (838kB)

Abstract

ABSTRAK
Kualitas menghafal Al-Qur’an Juz Amma sangat penting bagi orang yang sudah memiliki niat yang tulus untuk menghafal Al-Qur’an Juz Amma. Karena setiap orang yang sudah memiliki hafalan Al-Qur’an Juz Amma jika mempunyai kualitas hafalan yang baik akan mempermudah dalam menjaga hafalanya. Akan tetapi, Realitanya di MDT AL-IHSAN masih terdapat santri yang belum menerapkan hafalan sesuai dengan
kaidah ilmu tajwid, kefasihan, hafalan (ketepatan susunan ayat-ayat yang dihafal), dan adab dalam menghafal satu surat dalam Al-Qur’an Juz Amma. Penelitian bertujuan
untuk mengetahui apakah penerapan Metode Peer Teaching dapat meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an Juz Amma santri. Indikator kualitas menghafal Al-Qur’an dalam penelitian ini adalah hafalan atau tahfidz, tajwid, kefasihan, dan adab.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasai-eksperimen dengan desain penelitian one group pree test-post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah santri di MDT
AL-IHSAN yang berjumlah 28 santri. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan pengambilan subjek berdasarkan pertimbangan (purposive sampling). Pengambilan data variable kualitas menghafal Al-Qur’an Juz Amma santri di Madrasah
Diniyah menggunakan skala Likert. Validitas instrument angket pada penelitian ini menggunakan uji validitas kontrak. Tahapan uji reliabilitas menggunakan internal
consistency. Tahapa uji persyaratan analisis normalitas di uji sebelum uji hipotesis. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Paired Samples T Test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sudadi,M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2023 02:12
Last Modified: 03 Sep 2023 02:12
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item
View Item