Peran Guru dalam Membangun Minat Menghafal Al-Qur’an Siswa di SD Tahfidzul Qur’an Ad Diin Kuwarasan

Dewi Rofikotun Nisa, NIM.1912867 (2023) Peran Guru dalam Membangun Minat Menghafal Al-Qur’an Siswa di SD Tahfidzul Qur’an Ad Diin Kuwarasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (589kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (719kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (331kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (326kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Rofikotun Nisa. 1912867. Peran Guru dalam Membangun Minat Menghafal Al-Qur’an Siswa di SD Tahfidzul Qur’an Ad Diin Kuwarasan. Tujuan dari penelitin ini antara lain: 1) untuk mengetahui peran guru dalam membangun minat menghafal Al-Qur’an di SD Tahfidzul Qur’an Ad Diin Kuwarasan; 2) untuk mengetahui bagaimana minta siswa dalam menghafalkan AlQur’an; 3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam menanamkan minat menghafalkan Al-Qur’an siswa di SD Tahfidzul Qur’an Ad Diin Kuwarasan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode kualitatif, teknik penggumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini antara lain Kepala Sekolah SD Tahfidzul Qur’an Ad Diin Kuwarasan, Guru Tahfidz, dan siswa SD Tahfidzul Qur’an Ad Diin Kuwarasan. Data yang telah dikumpulkan berupa peran guru dalam membangun minat menghafalkan Al-Qur’an siswa SD Tahfidzul Qur’an Ad Diin Kuwarasan. Bentuk dari teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dengan ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran guru untuk membangun minat menghafal Al-Qur’an yaitu dengan memberikan pembelajaran terlebih dahulu mengenai bacaan-bacaan Al-Qur’an, memberikan motivasi, menggunakan metode yanbu’a sehingga cocok dengan siswa, dan bekerja sama dengan orangtua. (2) Faktor pendukung guru dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz: media pembelajaran, memberikan motivasi kepada siswa), bantuan dari teman pondok, sarana dan prasarana, kerjasama dengan orang tua. Sedangkan faktor penghambat guru dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz yaitusSiswa yang menghafal Al-Qur’an di rumah, terdapat siswa yang menghafalkan dengan suasana tenang tidak bising, sifat malas pada siswa, siswa yang tidak fokus dalam menghafalkan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Mustajab, M.Pd.I
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:51
Last Modified: 30 Aug 2023 06:51
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item
View Item