Hajrul Fitriyani, 1912869 (2023) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV MI Muhammadiyah Madureso. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (829kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (278kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk materi sifat-sifat bayangan pada cermin 2) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methods yaitu penggabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini bersumber dari kelas IV MI Muhammadiyah Madureso. Pengumpulan data kuantitaif dikumpulkan melalui test tertulis dan dianalisis melalui uji T sedangkan pengumpulan data kualitatif dikumpulkan melalui hasil observasi dan wawancara dianalisis menggunakan reduksi data. Subjek penelitian ini adalah Eli Sohiroh S.Pd.I selaku guru kelas IV 4A, Siswa-siswi kelas IVA dan Siswa-siswi kelas IVB. Berdasarkan hasil penelitian yang berkaitan dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk materi sifat-sifat bayangan pada cermin adalah sebagai berikut: 1) Dalam tahap perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning materi sifat-sifat bayangan pada cermin terdiri dari menyiapkan materi bahan ajar, menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta mempersiapkan alat evaluasi dan media pembelajaran. Adapun sintaks pelaksanaan model pembelajaran problem based learning meliputi 1) orientasi siswa terhadap masalah, 2) organisasi siswa terhadap pembelajaran, 3) melakukan investigasi mandiri dan kelompok, 4) mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan kegiatan penilaian hasil belajar siswa terdiri dari 1) aspek afektif telah berjalan dengan baik pada penilaian spiritual, dan sosial siswa, 2) aspek kognitif, adanya peningkatan pemahaman setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dan rata-rata tuntas dalam mata pelajaran IPA materi sifat-sifat bayangan pada cermin, dan 3) aspek psikomotorik ditinjau dari pemecahan masalah dan tes praktik mengidentifikasikan sifat-sifat bayangan pada cermin dilakukan secara baik. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa pada pelajaran IPA materi sifat-sifat bayangan pada cermin hal ini terbukti berdasarkan uji t test dengan menggunakan software excel yaitu data t.stat 6,135 > t.tabel 1,667.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman IPA.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Maryanto, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:28 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 04:28 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/887 |