Afaf Nabila, 1912865 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MIN 3 KEBUMEN. Other thesis, IAINU Kebumen.
HALAMAN COVER.pdf - Published Version
Download (938kB)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (202kB)
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
BAB III MAETODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (691kB)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tahap persiapan implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIN 3 Kebumen (2) untuk mengetahui tahap pelaksanaan implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIN 3 Kebumen (3) untuk mengetahui tahap evaluasi implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIN 3 Kebumen Penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas VA MIN 3 Kebumen sejumlah 22 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tahap persiapan implementasi model pembelajaran RADEC meliputi berdiskusi menentukkan tanggal, materi, menyiapkan sumber belajar, membuat RPP dan menyiapkan soal (2) tahap pelaksanaan implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat, dilihat dari indikator berpikir kritis pada setiap pertemuan. Bahwasannya hasil pertemuan 1 pada indikator memberikan penjelasan sederhana 31,8%, mengembangkan kemampuan dasar 27,2 %, menyimpulkan siswa belum mampu menunjukkannya, menyampaikan penjelasan lanjut 31,8 %, dan mengatur strategi dan teknik 22,7 %. Sedangkan pada pertemuan 2 mengalami perubahan pada indikator memberikan penjelasan sederhana meningkat menjadi 36,6 %, mengembangkan kemampuan dasar meningkat menjadi 31,8 %, menyimpulkan meningkat menjadi 4,5%, menyampaikan penjelasan lanjut meningkat menjadi 31,8 %, dan mengatur strategi dan teknik meningkat menjadi 31,8% (3) tahap evaluasi implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, yakni guru senantiasa memotivasi dan membimbing siswa agar kemampuan berpikir kritisnya dapat berkembang dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Nur Hidayah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Pembelajaran RADEC, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:47 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/883 |