IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MIN 3 KEBUMEN

Afaf Nabila, 1912865 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MIN 3 KEBUMEN. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of HALAMAN COVER.pdf] Text
HALAMAN COVER.pdf - Published Version

Download (938kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf] Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB III MAETODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
BAB III MAETODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of BAB V PENUTUP.pdf] Text
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tahap persiapan implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIN 3 Kebumen (2) untuk mengetahui tahap pelaksanaan implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIN 3 Kebumen (3) untuk mengetahui tahap evaluasi implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIN 3 Kebumen Penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas VA MIN 3 Kebumen sejumlah 22 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tahap persiapan implementasi model pembelajaran RADEC meliputi berdiskusi menentukkan tanggal, materi, menyiapkan sumber belajar, membuat RPP dan menyiapkan soal (2) tahap pelaksanaan implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat, dilihat dari indikator berpikir kritis pada setiap pertemuan. Bahwasannya hasil pertemuan 1 pada indikator memberikan penjelasan sederhana 31,8%, mengembangkan kemampuan dasar 27,2 %, menyimpulkan siswa belum mampu menunjukkannya, menyampaikan penjelasan lanjut 31,8 %, dan mengatur strategi dan teknik 22,7 %. Sedangkan pada pertemuan 2 mengalami perubahan pada indikator memberikan penjelasan sederhana meningkat menjadi 36,6 %, mengembangkan kemampuan dasar meningkat menjadi 31,8 %, menyimpulkan meningkat menjadi 4,5%, menyampaikan penjelasan lanjut meningkat menjadi 31,8 %, dan mengatur strategi dan teknik meningkat menjadi 31,8% (3) tahap evaluasi implementasi model pembelajaran RADEC dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, yakni guru senantiasa memotivasi dan membimbing siswa agar kemampuan berpikir kritisnya dapat berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Nur Hidayah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran RADEC, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:47
Last Modified: 07 Aug 2023 02:47
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item
View Item