Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran di SD N 1 Kenteng Kecamatan Sempor

Tanzilal Alfi Rohmi, NIM.18116528 (2022) Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran di SD N 1 Kenteng Kecamatan Sempor. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (355kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (460kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (218kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB)

Abstract

ABSTRAK
Tanzilal Alfi Rohmi (18116528). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran di SD N 1 Kenteng Kecamatan Sempor. Tujuan Penelitian adalah: (1) Mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan karakter disiplin dalam pembelajaran; (2) mengetahui faktor pendukungan dan hambatan dalam menumbuhkan karakter disiplin dalam pembelajaran. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data yang
terkumpul kemudian di analisis dan diinterpretasikan dalam bentuk yang singkat dan jelas sehingga mudah di pahami dan di simpulkan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian untuk memperoleh data atau fakta dalam penelitian yaitu: (1) Kepala sekolah SD N 1 kenteng (2) guru mapel PAI (3) wali/orang tua siswa. Berdasarkan hasil penelitian peran orang tua dalam menumbuhkan karakter disiplin dalam pembelajaran di SD N 1 Kenteng Kec. Sempor Kab. Kebumen
sebagai berikut. (1) orang tua mendidik anak melalui contoh perilaku. (2) orang tua sebagai motivator. (3) orang tua sebagai fasilitator. (4) orang tua sebagai
pembimbing. Faktor pendukung (1) tingkat ekonomi orang tua. (2) latar belakang pendidikan orang tua. Sedangkan faktor pengahambatnya yaitu gadget dan minimnya pengetahuan orang tua tentang pentingnya karakter disiplin. Rekomendasi untuk sekolah sebagai lembaga pendidikan penting sekali
memberikan wawasan atau sosialisasi kepada wali murid terkait karakter disiplin anak dalam pembelajaran agar orang tua lebih memahami bagaimana cara menumbuhkan karakter disiplin dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Atim Rinawati, M.Pd
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:44
Last Modified: 25 Jul 2023 01:44
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item
View Item