Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar (SD) Alam Lukulo Karangpoh Pejagoan Kebumen

Putri Indah Sari,, NIM. 17116274 and Nur Hidayah, M.Pd, NIDN.2101068201 (2021) Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar (SD) Alam Lukulo Karangpoh Pejagoan Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi KPI Cover] Text (Skripsi KPI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (725kB)
[thumbnail of Skripsi KPI BAB I] Text (Skripsi KPI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of Skripsi KPI BAB V] Text (Skripsi KPI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Indah Sari, 17116274, Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah
Dasar (SD) Alam Lukulo Karangpoh Pejagoan Kebumen
Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan
inklusif di SD Alam Lukulo (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor
penghambat implementasi pendidikan inklusif SD Alam Lukulo Karangpoh
Pejagoan Kebumen.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan
berupa data tahap interpretasi, tahap pengorganisasian, dan tahap aplikasi
implementasi pendidikan inklusif yang dilakukan tenaga pendidik dan Kepala SD
Alam Lukulo Karangpoh Pejagoan Kebumen. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi
pendidikan inklusif di SD Alam Lukulo Kebumen mengikuti teori implementasi
kebijakan Charles O.Jones yang meliputi tahap interpretasi, tahap
pengorganisasian, dan tahap aplikasi. Tahap interpretasi dilakukan untuk semua
warga sekolah tanpa terkecuali dengan berbagai cara mulai dari mulut ke mulut,
IHT, pelatihan, dan rapat, dan interpretasi khusus. Tahap pengorganisasian meliputi
proses persiapan, penyusunan program kerja, dan penyusunan struktur
kepengurusan implementasi pendidikan inklusif. Kemudian tahap aplikasi
implementasi pendidikan inklusif di SD Alam Lukulo dijalankan sesuai dengan
kondisi sumber daya yang melingkupinya. (2) Faktor pendukung dan faktor
penghambat implementasi pendidikan inklusif di SD Alam Lukulo terletak pada
sumber daya manusia berserta komunikasinya, sarana dan prasarana yang dimiliki
oleh SD Alam Lukulo Kebumen itu sendiri dan kondisi pandemi covid-19.
Kata Kunci : Implementasi, pendidikan inklusif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendidikan inklusif
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Syariah Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2021 03:14
Last Modified: 26 Sep 2021 03:14
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item
View Item