Nur Azizah Handayani, NIM.18116518 (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Islam pada Santri di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (2MB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (3MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (810kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB)
Abstract
ABSTRAK
Nur Azizah Handayani. 18116518. Implementasi Pendidikan Karakter Islam pada Santri di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen.vi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pendidikan karakter islam yang dimiliki santri Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen. (2) Faktor yang pendukung dan penghambat pendidikan karakter islam yang diterapkan di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data berupa fakta-fakta yang ditemukan peneliti di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui tiga tahap, yaitu: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Pendidikan karakter Islam yang ada di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen sudah sesuai dengan nilai-nilai karakter islam, mulai dari shidiq,fatonah, amanah, dan tabligh. 2) Implementasi Pendidikan Karakter Islam di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen bertujuan agar santri mampu mengaplikasikan nilai-nilai karakter islam sesuai dengan yang telah dibahas dibagian kajian teori. Implementasi pendidikan karakter islam di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen dengan cara menginternalisasikan nilainilai karakter islam disetiap kegiatan pesantren. Adapun nilai-nilai karakter islam yang terdapat pada penelitian ini adalah: a) Fathonah, b) Amanah, c) Siddiq, d) Tabligh. 3) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter islam di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen, yaitu kepengurusan yang baik, peran pengasuh peran ustadz, metode pembelajaran, serta faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter islam di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen, yaitu sifat malas, rasa jenuh, rasa ngantuk saat belajar dan yang sulit diatur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Islam, Pondok Pesantren |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 07:53 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 07:53 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/591 |