Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di SMK Ma’arif 4 Kebumen

Riza Aisyah, 18116489 (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di SMK Ma’arif 4 Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (995kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (487kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (229kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB)

Abstract

Riza Aisyah. 18116489. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di SMK Ma’arif 4 Kebumen. Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana budaya literasi di SMK Ma’arif 4 Kebumen; (2) untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa di SMK Ma’arif 4 Kebumen; (3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa di SMK Ma’arif 4 Kebumen. Penelitian ini mengangkat fokus perihal upaya guru PAI terhadap peningkatan budaya literasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) peningkatan budaya literasi di SMK Ma’arif 4 Kebumen sudah baik; (2) upaya guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa, yaitu: memberikan motivasi, menyediakan buku dan modul yang berkualitas, membaca materi pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, mengadakan program setiap siswa membawa satu buku bacaan non pelajaran, memberikan arahan dalam kegiatan e-learning, dan memberikan reward and punishment; serta (3) faktor pendorong upaya guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa antara lain: tersedianya sarana dan prasarana serta guru yang berpengalaman. Sedangkan faktor penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi siswa antara lain: dalam diri siswa (malas), minimnya ketersediaan kuota siswa untuk e-literasi, kurangnya ketersediaan buku, dan tidak ada bimbingan dari guru.
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Budaya Literasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd. Pembimbing 2 : Rose Kusumaningratri, MA.
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Budaya Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2023 03:10
Last Modified: 19 Feb 2023 03:10
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item
View Item