UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA MELALUI METODE SAS (STUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF JATIMULYO

Oktafiani Shandra Dewi, NIM.1812845 (2022) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA MELALUI METODE SAS (STUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF JATIMULYO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (761kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (197kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (167kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK
OktafianiShandraDewi.1812845. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan
Membaca Melalui Metode SAS (Stuktural Analitik Sintetik) pada Siswa Kelas I
MI Ma’arif Jatimulyo.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui upaya guru dalam
mengatasi kesulitan membaca melalui metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)
pada siswa kelas I MI Ma’arif Jatimulyo, (2) untuk mengetahui metode SAS
(Struktural Analitik Sintetik) terbukti mampu mengatasi kesulitan membaca.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian
eksperimen dengan mengambil latar MI Ma’arif Jatimulyo. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tindakan. Subjek
dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah MI Ma’arif Jatimulyo, guru kelas I,
dan Siswa-siswi kelas I. Kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data,
serta kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa upaya
guru dalam mengatasi kesulitan membaca yaitu dengan diterapkannya metode
SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam proses pembelajaran yang terbukti
mampu mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas I MI Ma’arif Jatimulyo.
Hal ini ditunjukkan dari sebelum diterapkannya metode SAS (Struktural Analitik
Sintetik) masih terdapat 9 siswa yang berkesulitan membaca dengan kemampuan
6 Siswa masih mengeja dan 3 Siswa masih terbata-bata. Kemudian setelah
diterapkannya Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) siswa yang berkesulitan
membaca berkurang yaitu menjadi 6 Siswa dengan kemampuan 4 masih mengeja
dan 2 masih terbata-bata.
Kata Kunci : Upaya, Kesulitan Membaca, Metod

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Imam Subarkah, M.Pd Pembimbing 2 : Atim Rinawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kesulitan Membaca, Metode SAS
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:55
Last Modified: 30 Nov 2022 01:55
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item
View Item