DAMPAK PANDEMI TERHADAP PENDIDIKAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI EROGEMIWANG KECAMATAN KARANGSAMBUNG

Vela Nurvatimah, NIM.18116544 (2022) DAMPAK PANDEMI TERHADAP PENDIDIKAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI EROGEMIWANG KECAMATAN KARANGSAMBUNG. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of COVER (1).pdf] Text
COVER (1).pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of BAB II (1).pdf] Text
BAB II (1).pdf - Published Version

Download (552kB)
[thumbnail of BAB I (1).pdf] Text
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (975kB)
[thumbnail of BAB III (1).pdf] Text
BAB III (1).pdf - Published Version

Download (221kB)
[thumbnail of BAB V (1).pdf] Text
BAB V (1).pdf - Published Version

Download (363kB)

Abstract

ABSTRAK
Vela Nurvatimah (18116544).Dampak Pandemi Terhadap Pendidikan
Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas IV di SD
Negeri Erogemiwang Kecamatan Karangsambung.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pandemi terhadap
pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV
di SD Negeri Erogemiwang Kecamatan Karangsambung.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data-datanya dikumpulkan
dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang
terkumpul dianalisis dengan model melibatkan komponen analisis yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa : Dampak Pandemi
Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada
siswa kelas IV di SD Negeri Erogemiwang Kecamatan Karangsambung, terbagi
menjadi dua dampak negatif dan dampak positif yang dirasakan oleh pendidik dan
siswa. Dampak positif yang dirasa pendidik yaitu pendidik merasa menambah
skill, wawasan dan ilmu baru dalam penggunaan teknologi. Dampak negatifnya
pendidik kesulitan menilai karakter sikap dan siswa karena tidak dapat
berinteraksi secara langsung. Dampak negatifnya juga dirasakan oleh siswa kelas
IV SD Negeri Erogemiwang Kecamatan Karangsambung dimana dalam
pembelajaran daring, peserta didik lebih merasakan jenuh, bosan dan lesu dalam
mengikuti proses pembelajaran daring beberapa diantara mereka kesulitan
mengakses materi yang di berikan pendidik, sinyal yang tidak stabil serta kurang
mengerti dalam menangkap materi yang diberikan oleh pendidik. Sedangkan
dampak negatif yang dirasakan oleh wali murid/ orangtua dampaknya anak hasil
belajar anak menurun, bingung serta menggangu aktivitas seperti bekerja karena
harus mendampingi anaknya dalam pembelajaran daring sehingga banyak dari
mereka yang memasukan anaknya ke les-lesan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nurhidayah, M.Pd Pembimbing 2 : Nihayatul Husna.,Lc.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Dampak Pandemi, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:30
Last Modified: 29 Nov 2022 02:30
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item
View Item