Upaya Guru PAI Dalam Pembiasaan Nilai-nilai Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Ma’arif 8 Kebumen Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen

Supriyani, NIM. 18116465 (2022) Upaya Guru PAI Dalam Pembiasaan Nilai-nilai Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Ma’arif 8 Kebumen Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (767kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (268kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB)

Abstract

Supriyani.18116465. “Upaya Guru PAI Dalam Pembiasaan Nilai-nilai
Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Ma’arif 8 Kebumen Kecamatan
Buayan Kabupaten Kebumen.

Pembiasaan nilai-nilai agama Islam merupakan upaya guru untuk
menanamkan nilai-nilai Islam pada peserta didik yang bertujuan untuk
membentuk pribadi yang lebih baik sesuai syari’at Islam. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui : 1). Upaya guru PAI dalam pembiasaan nilai-nilai agama
Islam. 2). Faktor penghambat dalam pembiasaan nilai-nilai agama Islam. 3).
Solusi untuk mengatasi factor penghambat dalam pembiasaan nilai-nilai agama
Islam.
.
Dalam Penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah guru SMK Ma’arif 8 terutama guru PAI, Kepala sekolah, dan
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode
wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis data model Milles and Huberman ada tiga
tahap yaitu : 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) menarik kesimpulan.


Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : (1)
Upaya guru PAI dalam pembiasaan nilai-nilai agama Islam yaitu : membiasakan
nilai-nilai agama Islam berupa Aqidah Islam, Syari’at Islam, dan Akhlak Islam
yang telah terlaksana namun masih belum maksimal (2) Hambatan yang dihadapi
dalam pembiasaan nilai-nilai Islam yaitu latar belakang peserta didik, Media
sosial, sarana prasaranan, pergaulan bebas. (3) Solusi untuk mengatasi faktor
penghambat dalam pembiasaan nilai-nilai Islam yaitu dengan adanya kerjasama
antara orangtua, lingkungan sekolah, dan guru-guru serta memaksimalkan sarana
prasarana yang ada, dan menambah atau memperbaiki sarana prasarana.

Kata kunci : Upaya, Guru, Nilai-nilai Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. HR. Mahrur Adam Maulana, M.Ag. Pembimbing 2 : Nihayatul Husna, Lc. MA>
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Nilai-nilai Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:26
Last Modified: 21 Nov 2022 08:26
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item
View Item