Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif 1 Kebumen

Fiqri Khofifah, NIM.1813129. (2022) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (485kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (290kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK
Fiqri Khofifah. 1813129. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMK Ma’arif 1 Kebumen.
vi
Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana manajemen
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pembelajaran PAI
dengan kurikulum merdeka belajar di kelas X Multimedia SMK Ma’arif 1
Kebumen; (2) apa saja kendala yang ditemukan; (3) untuk mengetahui upaya
Guru/Sekolah untuk meminimalisir kendala yang ditemukan. Metode yang
digunakan adalah kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) a. perencanaan
pembelajaran PAI di SMK Ma’arif 1 Kebumen meliputi pelaksanaan In House
Training/workshop dan penyusunan perangkat pembelajaran. b. Pengorganisasian
pembelajaran meliputi koordinasi WK kurikulum dan Pendidik terkait perangkat
pembelajaran, serta pembagian jam mengajar untuk Pendidik. c. Pelaksanaan
pembelajaran menggunakan model blended learning/campuran secara tatap muka
dan online. d. Pengawasan/evaluasi pembelajaran PAI terdiri atas dua kegiatan.
Pertama, evaluasi untuk Peserta didik berbentuk formatif dan sumatif. Kedua
pengawasan untuk Pendidik dilakukan oleh 2 pihak yaitu dari pihak internal dan
eksternal; (2) Adapun kendala yang ditemukan yaitu a. Merubah mindset SDM di
sekolah. b. Perbedaan perangkat pembelajaran, c. Kurangya pemahaman Peserta
didik terkait kurikulum merdeka belajar. d. Keterbatasan Pendidik dalam
penguasaan bidang teknologi informasi; (3) Upaya Guru/sekolah untuk
meminimalisir kendala yang ditemukan, a. Melakukan sosialisasi dan koordinasi
untuk personalia sekolah. b. Membentuk tim komite pembelajar. c. Memberikan
sosialisasi kepada Peserta didik. d. Memberikan fasilitas teknologi dan informasi
dan pelatihan cara penggunaannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : H. Agus Salim Chamidi, M.Pd.I Pembimbing 2 : Syifa Hamama, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:32
Last Modified: 21 Nov 2022 07:32
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item
View Item