INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM IMTAQ DI SD ISLAM ULIL ALBAB KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ifti Mukaromah, NIM. 18116449 (2022) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM IMTAQ DI SD ISLAM ULIL ALBAB KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of A. HALAMAN PENDAHULUAN.pdf] Text
A. HALAMAN PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (623kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (378kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

Ifti Mukaromah.18116449. Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program
Imtaq di SD Islam Ulil Albab Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022.

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana proses
internalisasi pendidikan karakter melalui program Imtaq. (2) untuk mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat internalisasi pendidikan karakter
melalui program Imtaq di SD Islam Ulil Albab Kebumen.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan
data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu :
kepala sekolah, waka kesiswaan, guru PAI, guru wali kelas IV, dan kepala TPQ.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model
Milles and Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa internalisasi pendidikan
karakter melalui program Imtaq di SD Islam Ulil Albab Kebumen menggunakan
tiga tahapan yaitu transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi. Pada
tahap transinternalisasi diaplikasikan dalam bentuk program Imtaq. Bentukbentuk

program Imtaq yang dilaksanakan yaitu berdo’a sebelum dan sesudah
belajar, membaca asmaul husna, salat duha, salat zuhur berjamaah, program
mengaji, hafalan hadis, pembiasaan infaq dan amaliyah bulan ramadhan.
Kegiatan ini bertujuan agar siswa mampu memahami, mengahayati, dan dapat
mengamalkan nilai keagamaan agar nantinya melekat menjadi karakter siswa.
Nilai karakter yang diinternalisasikan dari program Imtaq yaitu: nilai religius,
jujur, disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan peduli sosial. Faktor pendukung
internalisasi pendidikan karakter melalui program Imtaq adalah keteladanan guru,
kerjasama yang baik dengan lembaga keagamaan, sarana prasarana yang
mendukung dan adanya dukungan dari masyarakat sekitar Ulil Albab. Sedangkan
untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa, belum adanya
gedung lembaga keagamaan dan latar belakang keluarga.
Kata Kunci : Internalisasi, Pendidikan Karakter dan Progam Imtaq

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sudadi, M.Pd.I. Pembimbing 2 : Atim Rinawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Pendidikan Karakter dan Progam Imtaq
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2022 04:25
Last Modified: 20 Nov 2022 04:25
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item
View Item