Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK Ma’arif 9 Kebumen

Umi Salamah, NIM.1813148 (2022) Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (724kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (217kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (268kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK
Umi Salamah, 1813148. Manajemen Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK Ma’arif 9 Kebumen.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan kompetensi lulusan pada
lembaga pendidikan sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan lembaga
pendidikan tersebut di mana perlu dikelola dengan sungguh-sungguh guna
membantu tercapainya tujuan pendidikan yang ditetapkan. Para manajer
pendidikan dituntut untuk mencari dan menerapkan suatu strategi manajemen
baru yang dapat mendorong perbaikan mutu sekolah dan untuk meningkatkan
kinerja supaya mutu lulusan di lembaga pendidikan memuaskan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen
yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK
Ma’arif 9 Kebumen dan bagaimana hambatan yang dihadapi serta solusi yang
diambil dalam upaya meningkatkan mutu lulusan di SMK Ma’arif 9 Kebumen.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Manajemen yang diterapkan kepala
sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Ma’arif 9 Kebumen
menggunakan beberapa Langkah yaitu: a) Plan, yaitu tahap dimana identifikasi
masalah dilakukan serta merancang langkah-langkah yang tepat untuk diambil,
dalam rangka mencari solusi dari sebuah masalah. b) Do, yaitu tahap di mana
perencanaan yang telah dibuat dilaksanakan. c) Check/Control, yaitu agar
pelaksanaan program peningkatan mutu lulusan dapat berjalan dengan baik dan
mencapai target yang diharapkan. d) Act, yaitu melakukan evaluasi total terhadap
hasil sasaran dan proses dan menindaklanjuti dengan perbaikan-perbaikan. 2)
Upaya peningkatan mutu lulusan di SMK Maarif 9 di antaranya: meningkatkan
kualitas proses pembelajaran, meningkatkan fungsi-fungsi bidang dan manajemen
sekolah, meningkatkan sarana belajar mengajar yang memadai, meningkatkan
kualitas tenaga kependidikan, meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan,
meningkatkan kualitas siswa, menciptakan dukungan masyarakat, meningkatkan
pendidikan berwawasan keagamaan. 3) Hambatan yang dihadapi dan solusi yang
diambil dalam upaya meningkatkan mutu lulusan di SMK Ma’arif 9 Kebumen di
antaranya: a) Kurangnya motivasi belajar. Solusinya adalah mendatangkan
motivator dari luar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. b) Sumber daya
atau kemampuan intelegensi anak yang masih kurang, kurang disiplin, kurangnya
tanggung jawab. Solusinya pendidik harus betul-betul sabar, tidak bosan
memberikan arahan, pengertian, perhatian, bimbingan dan kasih sayang, selalu
mengontrol kegiatan pembelajaran. c) Adanya beberapa sarana dan prasarana
yang belum memadai. Solusinya sekolah berusaha memenuhi sarana dan
prasarana yang masih kurang agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan
semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Eliyanto, M.Pd Pembimbing 2 : Maryanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: : Manajemen, Kepala Sekolah, Mutu Lulusan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2022 02:22
Last Modified: 20 Nov 2022 02:22
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item