Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran SKI di MTs Ma’arif Pengempon

Aniq Miladia Nur, NIM. 18116403 (2022) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran SKI di MTs Ma’arif Pengempon. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (571kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (256kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB)

Abstract

Aniq Miladia Nur, 18116403. Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan
Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran SKI di MTs Ma’arif Pengempon.

Strategi guru ketika mengajar didalam kelas bersama dengan siswanya
pastinya sangat beragam. Semua itu bertujuan agar siswa mampu menghasilkan
hasil belajar sebagaimana yang guru harapkan. Selain itu dengan menggunakan
strategi yang tepat dan baik maka akan menambah dan meningkatkan motivasi
belajar kepada siswa. Mata pelajaran yang menjadi fokus penelitian adalah mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di sebuah lembaga madrasah yakni
MTs Ma’arif Pengempon.

Tujuan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui apa saja strategi
guru dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII mata
pelajaran SKI di MTs Ma’arif Pengempon, (2) untuk mengetahui hasil belajar
mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Ma’arif Pengempon.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yakni peneliti secara
langsung terjun ke lapangan untuk mengetahui keadaan sebenarnya. Metode yang
digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan
datanya adalah wawancara secara mendalam terhadap subjek penelitian, studi
dokumentasi, dan observasi. Adapun untuk analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ketika
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan: (1) strategi yang
dilakukan guru antara lain seperti memberi tugas, memberikan hadiah,
pemeblajaran di luar ruangan, pembiasaan membaca sholawat dan surat pendek,
meringkas materi, dan berdiskusi; (2) hasil belajar dibagi ke dalam tiga ranah
yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari tiga ranah tersebut dapat
disimpulkan jika hasil belajar siswa sudah baik.

Kata Kunci: Strategi, Motivasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran SKI

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Agus SAlim Chamidi, M.Pd.I. Pembimbing 2 : Nginayatul Khasnaha, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Motivasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran SKI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2022 05:19
Last Modified: 19 Nov 2022 05:19
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item
View Item