PERSEPSI WALI SISWA TERHADAP IMPLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA ERA COVID 19 DI RA NURUL JANAH ROWOKELE KEBUMEN TAHUN 2021/2022

Lia Ningsih, NIM. 18116603 (2022) PERSEPSI WALI SISWA TERHADAP IMPLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA ERA COVID 19 DI RA NURUL JANAH ROWOKELE KEBUMEN TAHUN 2021/2022. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (983kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (427kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (469kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (388kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB)

Abstract

Lia Ningsih 18116603. Persepsi wali siswa terhadap implikasi pembelajaran
daring pada era covid 19 di RANurul Janah Rowokele Kebumen Tahun
2021/2022.
Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana Proses
Pembelajaran Daring di RA Nurul Janah Rowokele Kebumen. 2) Untuk
mengetahui Persepsi Wali Siswa terhadap Implikasi Pembelajaran Daring.
Penelitian ini menggumakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian
kualitatif yaitu untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan yang dipaparkan dalam
bentuk teks atau pernyataan. Penelitian tertuju pada kepala madrasah, guru dan
wali siswa RA Nurul Janah Rowokele Kebumen terhadap Pembelajaran Daring
pada Era Covid-19 tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, tringulasi
data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Proses pembelajaran
daring di RA Nurul Jannah Purwosari Rowokele Kebuman adalah 1)
Pembelajaran Daring di RA Nurul Jannah pembelajaran full daring mulai pada
Tahun ajaran 2019/2020 semester ganjil. Kemudian masuk semester genap
pembelajaran menjadi semi daring dan pembelajaran dilaksanakan di sekolah
selama tiga hari dalam satu minggu yakni senin, rabu, dan jumat. Lalu
pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka dengan mempertimbangkan jam
pelajaran, kuota kelas, dan luas ruangan. Selama daring materi pembelajaran
dikirim melalui media Whatsapp Grup. 2) Persepsi wali siswa selama
pembelajaran daring memiliki dua persepsi, yakni negatif dan positif. Persepsi
positif adalah waktu bersama anak lebih banyak, dapat memantau pembelajaran
anak. Persepsi negatif adalah anak kurang memahami materi, anak lebih suka
bermain, dan kurangnya pemahaman orang tua terhadap teknologi.

Kata Kunci: Persepsi Wali Siswa, Implikasi, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Imam Subarkah, M.Pd. Pembimbing II : Atim Rinawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Wali Siswa, Implikasi, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2022 03:27
Last Modified: 19 Nov 2022 03:27
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item
View Item