PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS XII MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DUHA PADA SMK MA'ARIF 5 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Feni Hidayatud Darojah, NIM. 18116601 (2022) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS XII MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DUHA PADA SMK MA'ARIF 5 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (672kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (260kB)
[thumbnail of 3. BAB III.pdf] Text
3. BAB III.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB)

Abstract

Feni Hidayatud Darojah. 18116601. Penanaman Karakter Disiplin Siswa Kelas
XII Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada SMK Ma’arif 5 Gombong Tahun
2021/2022.
Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui penerapan kedisiplinan
siswa kelas XII melalui pembiasaan sholat dhuha pada SMK Ma’arif 5 Gombong
tahun ajaran 2021/2022; (2) untuk mengetahu faktor pendukung dan penghambat
dalam penerapan kedisiplinan kelas XII melalui pembiasaan sholat dhuha pada
SMK Ma’arif 5 Gombong tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peserta didik yang diteliti
adalah kelas XII SMK Ma’arif 5 Gombong. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa
data pelaksanaan kegiatan sholat dhuha dalam rangka meningkatkan kedisiplinan
siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknis analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembiasaan
sholat dhuha pada kelas XII SMK Ma’arif 5 Gombong Tahun Ajaran 2021/2022
telah dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur yang ada karena di SMK Ma’arif
5 Gombong sholat dhuha merupakan peraturan tata tertib yang diterapkan
disekolah, sehingga siswa wajib melaksanakan sholat dhuha sebelum memulai
proses pembelajaran. Hasil daripada penerapan pembiasaan Sholat Dhuha ini
terlihat pada proses pembelajaran yaitu siswa dapat lebih berkonsentrasi dan lebih
fokus; (2) adanya faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan
kedisiplinan siswa kelas XII melalui pembiasaan sholat dhuha pada SMK Ma’arif
5 Gombong tahun ajaran 2021/2022.
Kata kunci: Penanaman Karakter Disiplin, Pembiasaan Sholat Dhuha

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Imam Subarkah, M.Pd. Pembimbing II : Atim Rinawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter Disiplin, Pembiasaan Sholat Dhuha
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:42
Last Modified: 17 Nov 2022 07:42
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item
View Item