IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ALAM LUKULO PEJAGOAN KEBUMEN.

Achmad Ibnu Rijal, NIM.18116534 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ALAM LUKULO PEJAGOAN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (402kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (138kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK
ACHMAD IBNU RIJAL. 18116534: Implementasi Pendidikan Inklusif pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Alam Lukulo Pejagoan
Kebumen.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Menganalisis implementasi pendidikan
inklusif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Alam
Lukulo Kebumen (2) Mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi dan
solusinya dalam implementasi pendidikan inklusif pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di Sekolah Dasar Alam Lukulo Pejagoan Kebumen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penulis
mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara
dengan Kepala Sekolah, Guru PAI dan Guru Pendaping sebagai key informant
(pemberi informasi kunci di sekolah) serta observasi terhadap fenomena yang
terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk
mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan inklusif
pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Alam Lukulo
Kebumen sudah baik, dimana dalam kegiatan pembelajaran PAI telah telah
melakukan tahapan perencanaan yang matang, melakukan proses pembelajaran
dengan beberapa strategi dan metode yang bervariasi yang telah disesuaikan
dengan tingkat kemampuan anak serta melakukan evaluasi pembelajaran secara
tes tertulis maupun lisan. Adapun kendala dalam implementasi pendidikan
inklusif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Alam
Lukulo Kebumen terdiri dari kendala internal dan eksternal dinama setiap kendala
yang dihadapi telah mendapatkan solusinya agar apa yang menjadi visi dan misi
sekolah dapat terealisasikan dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. H. Makhrur Adam M, M.Ag Pembimbing 2 : Dr. Eliyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusif, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:35
Last Modified: 17 Nov 2022 07:35
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item
View Item