Yuli Rokhayati, NIM. 18116614 (2022) PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TAUHID PADA ANAK USIA DINI DI RA NURUL HUDA KALIPOH AYAH KEBUMEN. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
COVER DLL.pdf - Published Version
Download (349kB)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (339kB)
BAB II KAJIAN TEORETIS.pdf - Published Version
Download (476kB)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version
Download (328kB)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version
Download (401kB)
Abstract
Yuli Rokhayati. 18116614. Peran Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Tauhid
pada Anak Usia Dini di RA Nurul Huda Kalipoh Ayah Kebumen.
Penanaman nila-nilai tauhid pada anak usia dini dalam kehidupan sosial
kemanusiaan bukan hanya sekedar proses mentransfer Ilmu, namun penanaman
nilai-nilai tauhid bertujuan membentuk dan mencetak generasi yang berakhlak
mulia. Karena anak usia dini adalah masa keemasan atau Golden Age, sehingga
anak-anak harus di beri stimulasi yang positif. Penanaman nilai-nilai tauhid
merupakan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya pendidikan
umum.
Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mengetahui peran guru dalam
penanaman nilai-nilai tauhid pada pendidikan anak usia dini di RA Nurul Huda
kalipoh Ayah Kebumen; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam penanaman nilai-nilai tauhid pada anak usia dini di RA Nurul Huda
Kalipoh Ayah Kebumen.Ini berupa penelitian kualititatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian adalah metode kualitatif atau deskriptif.Analisis data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah Reduksi Data, Display data, Triangulasi data dan
Penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) peran guru
dalam penanaman nilai-nilai tauhid pada anak usia dini merupakan tugas utama
dan dapat memberikan rangsangan pada perkembangan anak. Sehingga peran
guru adalah: (a) sebagai pengganti orang kedua di madrasah; (b) sebagai
pengelolaan kelas; (c) sebagai agen perubahan; (2) faktor pendukung dan
penghambat dalam penanaman nilai-nilai tauhid pada anak usia dini. Adapun
faktor pendukung, seperti :(a) pendidik (guru) yang memiliki kualifikasi
pendidikan dan kompetensi yang profesional; (b) lingkungan sekitar berada di
lingkungan yang religius; dan (c) sumber belajar yang tercukupi dalam proses
KBM; sedangkan faktor penghambatnya seperti:(a) pengelolaan kelas tahap
perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan oleh tenaga pendidik secara pribadi
atau orang lain; (b) waktu pembelajaran yang kurang maksimal;
Kata Kunci : Penanaman Nilai-nilai Tauhid, Pendidikan Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Atim Rinawati, M.Pd Pembimbing II : Imam Subarkah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai-nilai Tauhid, Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 03:10 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 03:10 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/406 |