ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN 1 BUMIHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022

MILA NINGRUM MASITOH, NIM.18116512 (2022) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN 1 BUMIHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (624kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (579kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK
Mila Ningrum Masitoh. 18116512. Analisis Butir Soal Penilaian Tengah
Semester Genap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SD Negeri 1
Bumiharjo Tahun Ajaran 2021/2022.
Tujuan Penelitian: untuk mengetahui kualitas butir soal penilaian tengah
semester genap mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) kelas V di SDN 1
Bumiharjo ditinjau dari segi kuantitatif.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research). Butir soal yang
dianalisis adalah butir soal penilaian tengah semester genap mata pelajaran
pendidikan agama islam kelas V SDN 1 Bumiharjo dengan jumlah peserta didik
16 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan melalui; dokumentasi dan
wawancara. Data yang dikumpulkan berupa kisi-kisi soal, lembar soal, lembar
jawaban, dan kunci jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis secara
kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah penghitungan validitas
empirik, reliabilitas, derajat kesukaran item, daya pembeda item, dan fungsi
distraktor pada jenis soal pilihan ganda melalui software penghitung yaitu
menggunakan software ANATES versi 4. disertai penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Kualitas butir soal
secara kuantitaif dinyatakan hasil: bahwa pada soal jenis pilihan ganda hanya
terdapat 2 (11,11%) butir soal baik, terdapat 11 (61,11%) butir soal kurang baik,
dan 5 (27,78%) butir soal jelek. Kemudian, untuk soal jenis isian atau uraian
pendek, sebanyak 6 (50%) butir soal baik, terdapat 4 (33,33%) butir soal kurang
baik, dan 2 (16,67%) butir soal jelek. Kemudian, untuk soal jenis uraian panjang
terdapat 1 (16,67%) baik, terdapat 3 (50%) butir soal kurang baik, dan sebanyak 2
(33,33%) butir soal jelek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Imam Subarkah, M.Pd.I Pembimbing 2 : Rose Kusumaning Ratri, M.A
Uncontrolled Keywords: : Analisis butir soal, Pendidikan Agama Islam, Penilaian Tengah Semester
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:15
Last Modified: 17 Nov 2022 03:15
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item
View Item