PERAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS 3 MADRASAH IBTIDA’IYAH WATHONIYAH PURWOSARI ROWOKELE KEBUMEN

Gesit Adillah, NIM. 18106620 (2022) PERAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS 3 MADRASAH IBTIDA’IYAH WATHONIYAH PURWOSARI ROWOKELE KEBUMEN. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (574kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (444kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (601kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version

Download (400kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB)

Abstract

Gesit Adillah. 18106620, Peran bimbingan orangtua dalam pendampingan belajar
aqidah akhlak kelas 3 di MI Wathoniyah Purwosari Rowokele Kebumen

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui mekanisme
pendampingan belajar oleh orangtua dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas 3
di Madrasah Ibtida’iyah Wathoniyah Purwosari Rowokele Kebumen (2) Untuk
mengetahui kendala yang dihadapi dalam pendampingan orangtua pada
pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di kelas
3 Madrasah ibtida’iyah Wathoniyah Purwosari Rowokele Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peserta didik yang diteliti
adalah kelas 3 MI Wathoniyah Purwosari Rowokele Kebumen sejumlah 18
peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bersifat
deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan
pembelajaran akidah akhlak secara tatap muka dan hasil belajar dirumah atau hasil
mengerjakan tugas dari sekolah di rumah, Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) peran orangtua
sangat penting karena peran orangtua juga sebagai pendidik juga pengasuh, peran
orangtua sebagai pembimbing, peran orangtua sebagai motivator dan sebagai
fasilitator (2) kendala dalam pendampingan kurangnya pemahaman sang anak
terhadap materi dan perubahan mood anak, kurangnya waktu orangtua, anak yang
susah diatur, kurangnya kata-kata motivasi dari orangtua.

Kata Kunci : Peran Bimbingan Orangtua , Pendampingan Belajar, Pembelajaran

Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Atim Rinawati, M.Pd Pembimbing II: Imam Subarkah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Bimbingan Orangtua , Pendampingan Belajar, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:55
Last Modified: 17 Nov 2022 02:55
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item
View Item