STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADIKARSO KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN

Ida Farida, NIM.18116448. and Mustajab, M.Pd.I, NIDN.2130018601 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADIKARSO KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (460kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (337kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK
Ida Farida. 18116448. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan
Religiusitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Adikarso Kecamatan Kebumen
Kabupaten Kebumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religusitas siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Ma’arif Adikarso, mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Adikarso
serta mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam
menghadapi kendala-kendala yang dihadapinya. Untuk mencapai tujuan penelitian di
atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian field research yang berlokasi di
Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Adikarso Kebumen. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian, disimpulkan sebagai berikut : (1) strategi guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif
Adikarso Kebumen ialah meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam
(al-qur’an hadist, akidah akhlak, fikih dan ski) di kelas yang menggunakan beberapa
cara yaitu (pendidikan dengan keteladanan, hukuman dan pembiasaan) dan yang kedua
mengembangkan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui kegiatan keagamaan
seperti tadarus al-qur’an, ziaroh, infaq, kegiatan ramadhan (buka dan tarawih bersama)
dan zakat fitrah. (2) kendala yang dihadapi ada dua faktor yaitu faktor intern, ialah
penetapan sekolah jarak jauh/daring. Dan faktor ekstern, diantaranya ialah latar
belakang keluarga, pengaruh lingkungan bermain siswa, serta pengaruh negatif
teknologi. (3) solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut adalah
mengoptimalkan teknologi yang ada, memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah serta
membangun kerja sama dengan orang tua/wali siswa.
Kata Kunci: Strategi, Religiusitas, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Religiusitas, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2022 08:19
Last Modified: 13 Aug 2022 08:19
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item
View Item