Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Tamanwinangun Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen.

Dwinanda Suluh Phangesti., NIM.18116443. and Imam Subarkah, M.Pd, NIDN.2129078202 (2022) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Tamanwinangun Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (665kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (285kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (421kB)
[thumbnail of 4 BAB III.pdf] Text
4 BAB III.pdf - Published Version

Download (470kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK
Dwinanda Suluh Phangesti. 18116443. Pengaruh Penggunaan Media Gambar
Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas
VI Sekolah Dasar Negeri 1 Tamanwinangun Kecamatan Kebumen Kabupaten
Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui penggunaan media
gambar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VI SD
Negeri 1 Tamanwinangun (2) mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam
(PAI) siswa kelas VI SD Negeri 1 Tamanwinangun (3) mengetahui perbedaan hasil
belajar sebelum dan sesudah menggunakan media gambar pada mata pelajaran
Penddidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VI SD Negeri 1 Tamanwinangun.
Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis
penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah
pretest-postest satu kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest�posttest, kuisioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji hipotesis
menggunakan paired sample t test. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada
perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media
gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI SD Negeri 1
Tamanwinangun.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penggunaan media gambar
memberikan kesan yang baik dan positif pada diri siswa (2) hasil belajar siswa kelas
VI SD Negeri 1 Tamanwinangun diambil dari nilai posttest menunjukkan rata-rata
(3) penggunaan media gambar berpengaruh positif terhadap belajar siswa kelas
VI mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 1 Tamanwinangun Tahun
Pelajaran 2021/2022 secara umum dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan
hasil: (a) nilai rata-rata siswa pada pretest 6,67 dan pada posttest 8,72 (b) ketuntasan
belajar siswa juga meningkat, pada pretest sebesar 40,7% menjadi 96,3% pada
posttest.
Kata kunci : Penggunaan media gambar, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media gambar
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:27
Last Modified: 11 Aug 2022 07:27
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item
View Item