PENGGUNAAN MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KEBUMEN

KHOLIMATUS SADIYAH NUR HABIBAH, NIM.18116473 and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I., NIDN.2116058201 (2022) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (830kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (431kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (243kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK
Kholimatus Sadiyah Nur Habibah. 18116473. Penggunaan Multimedia Pada
Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen.
Penggunaan multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar fiqih, setelah di
observasi ternyata MTs Negeri 1 Kebumen sudah menggunakan media tersebut,
dari hasil wewancara beberapa narasumber penggunaan multimedia mampu
meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Desain
penelitian nya ialah penelitian deskriptif dimana peneliti melakukan pengamatan
beserta pengumpulan data secara sistematis. Teknik pengumpulan data nya
melalui kegiatan observasi, wewancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian sesuai desain penelitian dan teknik pengumpulan
data pada intinya penggunaan multimedia pada pembelajaran fiqih dapat
meningkatkan motivasi belajar dengan baik. Ada faktor yang menjadi pendukung
dan penghambat. Faktor pendukungnya karena sudah tersedianya sarana dan
prasarana sedangkan faktor penghambat nya ialah masih terdapat guru yang
belum menguasai multimedia.
Kesimpulan nya penggunaan multimedia sangat membantu dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa. Karena mampu meningkatkan daya saing
antar siswa selain itu juga telah mengikuti perkembangan zaman di dunia
pendidikan. Ada dua faktor yang mempengaruhi penggunaan multimedia yaitu
faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya sarana yang telah
ada sehingga memudahkan kegiatan pembelajaran yang membuat motivasi belajar
meningkat karena penyajian nya menarik sehingga tidak monoton dan perhatian
siswa dapat terfokuskan, lalu faktor penghambatnya ialah sebagian guru belum
menguasai multimedia dengan baik dan benar sehingga perlu adanya latihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penggunaan multimedia, motivasi belajar
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:55
Last Modified: 16 Jun 2022 07:55
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item
View Item