EFEKTIVITAS APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS IV SDN 1 TANALUM KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nelly Hikmahtul Akromah, NIM.17116301 and Faisal, S.Ag. M.Ag, NIDN.. 2113027001 (2021) EFEKTIVITAS APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS IV SDN 1 TANALUM KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. Cover nelly hikmatul.pdf] Text
1. Cover nelly hikmatul.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I nelly.pdf] Text
2. BAB I nelly.pdf - Published Version

Download (331kB)
[thumbnail of 3. BAB II nelly.pdf] Text
3. BAB II nelly.pdf - Published Version

Download (469kB)
[thumbnail of 4. BAB III nelly.pdf] Text
4. BAB III nelly.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of 5. BAB IV nelly.pdf] Text
5. BAB IV nelly.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 7. Daftar Pustaka nelly.pdf] Text
7. Daftar Pustaka nelly.pdf - Published Version

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK
Nelly Hikmahtul Akromah. 17116301. Efektivitas Aplikasi Whatsapp dalam Pembelajaran PAI di Kelas IV SDN 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan pembelajaran jarak jauh juga di alami di SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Sehingga sekolah mengikuti ajuran dan keputusan yang dianjurkan dengan melaksanakan pembelajaran secara daring (online). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengguaan WhatsApp dalam pembelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2019/2020. Dan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan secara trigulasi (gabungan) antaralain wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan kuesioner, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif menekankan makna dari pada generalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguaan WhatsApp dalam pembelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga menjadi pilihan untuk digunakan menjadi media utama dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Dari data yang peneliti peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti peroleh, maka dapat diketahui penggunaan WhatsApp pada pelaksanaan pembelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga dapat dikatakan efektif, mengapa demikian, karena berdasarkan hasil evaluasi penialai tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS) seluruh siswa mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Selain itu juga berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua peserta didik, diperoleh keterangan bahwa penggunaan aplikasi ini (WhatsApp) mudah digunakan dan setiap orang yang memiliki smartphone bisa menggunakannya. Selain itu juga biaya paket internet yang murah (tidak boros) dibanding bila menggunakan aplikasi lainnya misal zoom atau google meet.

Kata Kunci: Efektivitas, Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran PAI.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:31
Last Modified: 13 Jun 2022 03:31
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item
View Item