Laely Hikmawanti, NIM.17116237 and H. Agus Salim Chamidi, M.Pd.I., NIDN.2102026601 (2021) HASIL WAWANCARA PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MADRASAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VI DI MI KHR ILYAS MADURETNO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (647kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (191kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (294kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (108kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Download (277kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB)
Abstract
ABSTRAK
Laely Hikmawanti. 17116237. Hasil Wawancara Penerapan Keterampilan
Bertanya Siswa Madrasah terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas
VI di MI KHR Ilyas Maduretno Tahun Pelajaran 2021/2022.
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui hasil wawancara penerapan
keterampilan bertanya siswa madrasah pada mata pelajaran Fiqih materi Makanan
Halal dan Haram terhadap kelas VI MI KHR Ilyas Maduretno Tahun Pelajaran
2021/2022; dan (2) untuk mengetahui dampak penerapan keterampilan bertanya siswa
madrasah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih materi Makanan Halal
dan Haram di kelas VI MI KHR Ilyas Maduretno Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif Deskriptif. Siswa madrasah yang diteliti
adalah siswa madrasah kelas VI MI KHR Ilyas Maduretno sejumlah 13 siswa
madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data
yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan
keterampilan bertanya dan prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil wawancara
penerapan keterampilan bertanya siswa madrasah pada pembelajaran Fiqih materi
Makanan Halal dan Haram di kelas VI MI KHR Ilyas Maduretno meliputi batasan
atau petunjuk yang menjadikan siswa madrasah dikatakan bertanya, langkah-langkah
bertanya siswa madrasah yang guru kehendaki, kegiatan bertanya siswa madrasah
tidak dibatasi, dan langkah-langkah yang guru tempuh dalam menerapkan
keterampilan bertanya siswa madrasah; (2) dampak penerapan keterampilan bertanya
siswa madrasah pada pembelajaran Fiqih materi Makanan Halal dan Haram di kelas
VI MI KHR Ilyas Maduretno memiliki dampak yang bagus terhadap prestasi belajar
siswa madrasahnya yang meliputi dampak sikap, dampak pengetahuan, dan dampak
keterampilan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Bertanya, prestasi Belajar |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jun 2022 02:28 |
Last Modified: | 12 Jun 2022 02:28 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/353 |