HASIL WAWANCARA PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MADRASAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VI DI MI KHR ILYAS MADURETNO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Laely Hikmawanti, NIM.17116237 and H. Agus Salim Chamidi, M.Pd.I., NIDN.2102026601 (2021) HASIL WAWANCARA PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MADRASAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VI DI MI KHR ILYAS MADURETNO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (647kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (294kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version

Download (277kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK
Laely Hikmawanti. 17116237. Hasil Wawancara Penerapan Keterampilan
Bertanya Siswa Madrasah terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas
VI di MI KHR Ilyas Maduretno Tahun Pelajaran 2021/2022.
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui hasil wawancara penerapan
keterampilan bertanya siswa madrasah pada mata pelajaran Fiqih materi Makanan
Halal dan Haram terhadap kelas VI MI KHR Ilyas Maduretno Tahun Pelajaran
2021/2022; dan (2) untuk mengetahui dampak penerapan keterampilan bertanya siswa
madrasah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih materi Makanan Halal
dan Haram di kelas VI MI KHR Ilyas Maduretno Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif Deskriptif. Siswa madrasah yang diteliti
adalah siswa madrasah kelas VI MI KHR Ilyas Maduretno sejumlah 13 siswa
madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data
yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan
keterampilan bertanya dan prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil wawancara
penerapan keterampilan bertanya siswa madrasah pada pembelajaran Fiqih materi
Makanan Halal dan Haram di kelas VI MI KHR Ilyas Maduretno meliputi batasan
atau petunjuk yang menjadikan siswa madrasah dikatakan bertanya, langkah-langkah
bertanya siswa madrasah yang guru kehendaki, kegiatan bertanya siswa madrasah
tidak dibatasi, dan langkah-langkah yang guru tempuh dalam menerapkan
keterampilan bertanya siswa madrasah; (2) dampak penerapan keterampilan bertanya
siswa madrasah pada pembelajaran Fiqih materi Makanan Halal dan Haram di kelas
VI MI KHR Ilyas Maduretno memiliki dampak yang bagus terhadap prestasi belajar
siswa madrasahnya yang meliputi dampak sikap, dampak pengetahuan, dan dampak
keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bertanya, prestasi Belajar
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2022 02:28
Last Modified: 12 Jun 2022 02:28
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item
View Item