Peranan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Kelas 2 MI Nurul Huda Sawangan Kuwarasan Tahun Pelajaran 2020 / 2021

Intan Kusuma Ningrum, NIM.1712799 and H. Agus Salim Chamidi, M.Pd.I., NIDN.2102026601 (2021) Peranan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Kelas 2 MI Nurul Huda Sawangan Kuwarasan Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PGMI Cover] Text (Skripsi PGMI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB II] Text (Skripsi PGMI BAB II)
3. BAB II.pdf - Accepted Version

Download (370kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB III] Text (Skripsi PGMI BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (228kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI Daftar pustaka] Text (Skripsi PGMI Daftar pustaka)
7. DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK
Intan Kusuma Ningrum. 1712799. Peranan Orang Tua dalam Pembelajaran
Daring pada Kelas 2 MI Nurul Huda Sawangan Kuwarasan Tahun Pelajaran 2020
/ 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dan
mengetahui tingkat kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di MI Nurul
Huda Sawangan Kuwarasan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.
Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru wali kelas II.
Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis
berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua
dan guru wali kelas II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran
daring di MI Nurul Huda Sawangan Kuwarasan yaitu melaksanakan dua peran
sekaligus. Pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah;
menyediakan sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat;
motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh
masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring yaitu latar
belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kesulitan orang tua dalam
mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran
secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak;
kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan; jumlah anggota keluarga
juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam
belajar di rumah.
Kata Kunci: Daring, Peran Orang Tua, Pembelajaran, Tingkat Kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Daring, Peran Orang Tua, Pembelajaran, Tingkat Kesulitan.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2022 06:55
Last Modified: 06 Mar 2022 06:55
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item
View Item