Januar Arif Rhamadhan, NIM.17116323 and Dr. Sudadi, M.Pd.I., NIDN. 2112105601 (2021) KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT IBNU KHALDUN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
COVER skripsi yanuar arif.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB 1 fix pdf.pdf - Published Version
Download (624kB)
BAB II fix pdf yanuar.pdf - Published Version
Download (436kB)
BAB III yanuar.pdf - Published Version
Download (471kB)
DAFTAR PUSTAKA yanuar.pdf - Published Version
Download (399kB)
Abstract
ABSTRAK
Januar Arif Rhamadhan. 17116323. Konsep Pendidikan Anak Menurut Ibnu Khaldun
Kajian ini menggali konsep dan pemikiran Ibnu Khaldun tentang pendidikan anak yang menyoroti tentang peran, tugas dan tanggung jawab pendidik dalam proses belajar mengajar atau interaksi pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Konsep pendidikan anak menurut Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimmah berlandaskan Al-Qur’an, kemudian berlandaskan pada bekal intelektual dan akal. Tujuan pendidikan anak menurut pemikiran Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimmah adalah membentuk anak agar berakhlak mulia, berkepribadian baik dan tangguh, terampil dan menguasai ilmu agama (naqliyah) dan ilmu umum (aqliyah) untuk kehidupannya. adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak menurut Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimmah masih relevan dengan tokoh-tokoh pendidikan Barat, seperti Locke, Rousseau, Locke, J.J. Fouerster, dan John Dewey, tetapi dasar berpikir mereka berbeda dengan Ibn Khaldun, mereka lebih menekankan dan didominasi oleh akal dan dasar rasional.
Kata Kunci: Konsep Pendidikan, Anak Menurut Ibnu Khaldun
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan, Anak Menurut Ibnu Khaldun |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 06 Mar 2022 04:04 |
Last Modified: | 06 Mar 2022 04:04 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/324 |