MANAJEMEN MARKETING DALAM MENGHADAPI TINGGINYA PERSAINGAN MUTU LULUSAN DI MTs MUHAMMADIYAH 03 PURBALINGGA KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

NURUL HIDAYAH, NIM. 1910677 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) MANAJEMEN MARKETING DALAM MENGHADAPI TINGGINYA PERSAINGAN MUTU LULUSAN DI MTs MUHAMMADIYAH 03 PURBALINGGA KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Nurul Hidayah bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (468kB)

Abstract

ABSTRAK

Nurul Hidayah, Manajemen marketing dalam menghadapi tingginya persaingan mutu lulusan di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2020.
Tesis ini mengkaji tentang manajemen marketing dalam menghadapi tingginya persaingan mutu lulusan di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Manajemen pemasaran sangat penting dilakukan, agar dapat menarik minat pelanggan pendidikan untuk memberikan kepercayaan kepada lembaga pendidikan tersebut untuk pendidikan anak-anaknya. Dan inilah yang terapkan oleh MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, sehingga madrasah tersebut menjadi madrasah yang unggul. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tentang strategi pemasaran yang terdiri dari strategi menentukan segmentasi pemasaran, target pemasaran dan penawaran produk pendidikan dalam menghadapi tingginya persaingan lulusan.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Segmentasi pemasaran dalam menghadapi tingginya persaingan mutu lulusan di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga adalah dengan: a) menentukan pelanggan berdasarkan kesamaan agama yaitu agama Islam; b) menentukan banyaknya peminat layanan pendidikan. 2) Target pemasaran dalam menghadapi tingginya persaingan mutu lulusan di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga adalah sekolah lanjutan SMA/SMK/MA atau pendidikan yang memiliki kualitas dan mutu pendidikan yang baik yang berada di wilayah Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. 3) Strategi penawaran pemasaran dalam menghadapi tingginya persaingan mutu lulusan di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga adalah dengan dua strategi, yaitu: a) Penawaran Secara Langsung melalui penawaran melalui komunikasi, Menawarkan melalui website, penawaran melalui pengiriman brosur SMA/SMK/MA, mengundang orang tua murid guna untuk meminta bantuan agar ikut mempromosikan lulusan madrasah dengan mengadakan rapat akhir tahun, rapat acara sosialisasi dan mengikuti lomba-lomba di bidang intrakurikuler; b) Penawaran secara tidak langsung yaitu memberikan santunan terhadap anak yatim di sekitar lingkungan madrasah, melaksanakan bakti sosial terhadap masyarakat sekitar dan mengikuti kegiatan atau event yang sikapnya nasionalisme.
.
Kata kunci: manajemen, marketing, mutu lulusan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen, marketing, mutu lulusan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:09
Last Modified: 17 Jan 2022 04:09
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item
View Item