Fathurrohman Idris, NIM 1910588 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) STRATEGI MARKETING DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI KEBERADAANNYA DI ERA 4.0 (Study Kasus di Pondok Pesantren Husnul Hidayah). Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
tesis BAB I-III.pdf - Published Version
Download (1MB)
Fathurrohman Idris 5 pdf.pdf - Published Version
Download (490kB)
Abstract
ABSTRAK
Strategi Marketing dalam mempertahankan Eksistensi keberadaannya
di era 4.0
Study Kasus di Pondok Pesantren Husnul Hidayah
Fathurrohman Idris
(fathurrohmanidris@gmail.com)
Masalah Penelitian: Banyaknya pesantren yang tutup karena persaingan dunia pendidikan, Banyaknya pesantren yang kurang santri, Banyak pesantren yang tidak siap di era 4.0 ditandai dengan aturan yang tidak sesuai perkembangan Ilmu Teknologi, Pesantren bertahan pada sistem klasikal yang tidak diminati. Rumusan Masalah:1. Bagaimana Perencanaan strategi Marketing 2. Bagaimana Implementasi strategi Marketing 3. Bagaimana Evaluasi Strategi Marketing. Tujuan penelitian: 1. Mendiskripsikan konsep perencanaan strategi marketing 2. Mengetahui strategi marketing 3. Memberikan umpan balik dalam evaluasi strategi marketing.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitian sebagai respondennya adalah Pengasuh, Ustadz, dan alumni. Pengumpulan data dilakukan terhadap sumber-sumber penelitian dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi partisipan dan non partisipan, serta dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan model analisi data Miles & Huberman yaitu dengan kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber untuk menjamin bahwa data yang didapatkan adalah valid.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Husnul hidayah, penulis menyimpulkan bahwa Pondok Pesantren Huswnul Hidayah sudah menerapkan Strategi Marketing melalui beberapa teknik yaitu: 1. Media Sosial 2. Media cetak 3. Media Visual dalam implementasinya Strategi penentuan pasar sasaran (target market strategy). Strategi penentuan posisi pasar persaingan (competitive positioning strategy). Langkah-langkah strategi marketing : 1. Strategi marketing secara langsung 2. Strategi Marketing secara tidak langsung terdapat lima konsep yaitu: Konsep Produksi, Konsep Produk, Konsep Penjualan, Konsep Marketing dan Konsep Kemasyarakatan. Bauran pemasaran yang digunakan dalam menerapkan strategi Marketing yaitu berupa 7 p: produck,price,place, promotion, people, physicalevidence. Evaluasi strategi marketing dari tahun ke tahun mengalami peningkatan secara drastis.
Kata Kunci: Strategi Marketing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Marketing |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jan 2022 07:00 |
Last Modified: | 16 Jan 2022 07:00 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/242 |