RELEVANSI SERIAL ANIMASI UPIN DAN IPIN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Jahroul Latifah, NIM.17116322 and Nurhidayah, M.Pd, NIDN.2101068201 (2021) RELEVANSI SERIAL ANIMASI UPIN DAN IPIN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (341kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (412kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB III] Text (Skripsi PAI BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (100kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK
Jahroul Latifah. 17116322. Relevansi Serial Animasi Upin Dan Ipin Dengan
Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Dasar. Skripsi. Kebumen: Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul
Ulama (IAINU), 2021.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana relevansi serial
animasi Upin dan Ipin musim ke-14 dengan Pendidikan Agama Islam di tingkat
sekolah dasar? (2) apa saja kelebihan dan kekurangan dari serial animasi Upin dan
Ipin musim ke-14? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui relevansi serial
animasi Upin dan Ipin musim ke-14 dengan Pendidikan Agama Islam di tingkat
sekolah dasar (2) mengetahui kelebihan dan kekurangan dari serial animasi Upin
dan Ipin musim ke-14.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research yang menggunakan
pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengumpulan data
mengunakan teknik dokumenter yang mengumpulkan data primer berupa gambar
maupun video dari serial animasi Upin dan Ipin serta buku, jurnal, berita dan hasil
penelusuran online yang terkait dengan penelitian ini sebagai data sekunder.
Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi
(content analysis) dengan metode analisis semiotik dari data yang telah
dikumpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam serial animasi Upin dan Ipin
musim ke-14 terdapat nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang meliputi nilai
keimanan, nilai ibadah dan pembinaan akhlak. Nilai-nilai tersebut dapat ditemukan
dalam episode Ragam Ramadhan, Syahdunya Syawal, Film Upin dan Ipin, Peti
Pertolongan Cemas, Perintah Kawalan Pergerakan dan Penjaga Baru. Sedangkan
episode yang memiliki nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan
materi Pendidikan Agama Islam di tingkat sekolah dasar yakni Ragam Ramadhan,
Syahdunya Syawal, Film Upin dan Ipin, Peti Pertolongan Cemas dan Penjaga Baru.
Kelima episode tersebut mengandung nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang
relevan dengan materi Pendidikan Agama Islan di tingkat sekolah dasar meskipun
materi yang terkandung masih mendasar dan merupakan sebagian kecil atau
pengenalan dari materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat sekolah
dasar.
Kata Kunci: Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Relevansi, Sekolah Dasar,
Serial Animasi Upin dan Ipin

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Relevansi, Sekolah Dasar, Serial Animasi Upin dan Ipin.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:30
Last Modified: 10 Jan 2022 06:30
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item
View Item