Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak di Masa Pandemi Covid-19 Kelas VIII di MTs Sembada Karanggayam.

Yantri Purwanti, NIM.16115982 and Fikria Najitama, S.HI., M.SI, NIDN.21007078201 (2021) Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak di Masa Pandemi Covid-19 Kelas VIII di MTs Sembada Karanggayam. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (839kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (279kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB III] Text (Skripsi PAI BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)

Abstract

Abstrak
Yantri Purwanti. 16115982. Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak di Masa
Pandemi Covid-19 Kelas VIII di MTs Sembada Karanggayam.
Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui metode pembelajaran Aqidah
Akhlak di masa pandemi covid-19 kelas VIII di MTs Sembada Karanggayam; (2)
Untuk mengetahui hambatan dan solusi metode pembelajaran Aqidah Akhlak di
masa pandemi covid-19 di MTs Sembada Karanggayam
Jenis metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan desain
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknis analisa data dengan pola pikir deduktif dan induktif
Berdasarkan penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: (1) Metode
pembelajaran Aqidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di kelas VIII
menggunakan enam metode yaitu metode tanya jawab, latihan, ceramah, diskusi,
metode dalam jaringan (daring) dan metode luar jaringan (luring). (2) Hambatan
pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Sembada Karanggayam adalah terbatasnya
buku siswa, peserta didik kurang semangat belajar, tidak mempunyai kuota, dan
beberapa anak yang malas mencatat materi pembelajaran daring dan ketika
jaringan internet tidak terkoneksi menyebabkan terhambatnya pembelajaran
daring. (3). Solusi dalam menangani hambatan yang terjadi pada proses
pembelajaran Aqidah Akhlak guru kelas memberikan motivasi dan nasehat
kepada peserta didik untuk semangat belajar disaat pandemi covid-19, dan
memperbolehkan peserta didik mencari referensi lain.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak di Masa Pandemi Covid 19
Kelas VIII di MTs Sembada Karanggayam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak di Masa Pandemi Covid 19 Kelas VIII di MTs Sembada Karanggayam
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:28
Last Modified: 10 Jan 2022 03:28
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item
View Item