Strategi Pendidik Dalam Menanamkan Nilai-nilai Spiritual Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII G Di SMP VIP Al-Huda Kebumen.

Wiwit Mugi Haryanti, NIM.16115810 and Drs. H. M. Sholeh, M.P.d.I, NIDN 2115035602 (2020) Strategi Pendidik Dalam Menanamkan Nilai-nilai Spiritual Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII G Di SMP VIP Al-Huda Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1.COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (298kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK
Wiwit Mugi Haryanti. 16115810. Strategi Pendidik Dalam Menanamkan Nilai-nilai
Spiritual Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII
G Di SMP VIP Al-Huda Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui strategi pendidik dalam
menanamkan nilai-nilai spiritual pada peserta didik melalui pembelajaran pendidikan
agama Islam kelas VIII G di SMP VIP Al-Huda Kebumen. (2) untuk mengetahui
pengaruh strategi pendidik terhadap spiritualitas peserta didik melalui pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas VIII G di SMP VIP Al-Huda Kebumen.
Penelitian ini berupa penelitian Kualitatif. Peserta didik yang diteliti adalah
kelas VIII G SMP VIP Al-Huda Kebumen yang berjumlah 26 peserta didik. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisa yang digunakan yaitu analisis deskriptif, pengumpulan data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi pendidik
dalam menanamkan nilai-nilai spiritual melalui pembelajaran pendidikan agama Islam
menggunakan strategi riwerd, punishment, pembiasaan, penilaian dan beberapa metode�metode pembelajaran. (2) pengaruh strategi pendidik terhadap spiritualitas peserta didik
melalui pembelajaran pendidikan agama Islam telah memberikan pengaruh melalui
strategi riwerd peserta didik lebih senang dan antusias. Melalui strategi punishment
lebih termotivasi dan sadar atas kesalahan yang diperbuat sehingga lebih fokus dan
tenang. Melalui strategi pembiasaan peserta didik memiliki jiwa spiritual seperti
menghargai orang lain, patuh, taat, bersikap sopan dan pikirannya menjadi tenang dan
bersih. Melalui strategi penilaian peserta didik senantiasa menjaga diri dari sikap buruk.
Dan melalui strategi beberapa metode-metode pembelajaran peserta didik lebih fokus,
lebih semangat, lebih paham, lebih aktif, tidak mengantuk di kelas dan melatih mental
peserta didik.
Kata Kunci: Strategi Pendidik, Nilai-nilai Spiritual, Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pendidik, Nilai-nilai Spiritual, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:42
Last Modified: 10 Jan 2022 02:42
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item
View Item