Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDN Arjowinangun Buluspesantren.

Umi Aminatul Khoiriyah, NIM.16115879 and Syifa Hamama, S.I.Kom, M.Si, NIDN.2116028603 (2021) Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDN Arjowinangun Buluspesantren. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (817kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (339kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK
Umi Aminatul Khoiriyah. 16115879. Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran
Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDN
Arjowinangun Buluspesantren.
Tujuan Penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana peran orang tua
dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN
Arjowinangun Buluspesantren. (2) Untuk mengetahui kendala apa yang
ditemukan dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN
Arjowinangun Buluspesantren.
Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Objek yang diteliti adalah orang tua
peserta didik kelas V SDN Arjowinangun Buluspesantren berjumlah 11 peserta
didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data
yang dikumpulkan berupa data tentang peran orang tua dalam pembelajaran
daring mata pelajaran PAI. Analisis data yang digunakan adalah analisis data
kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data, verifikasi data, dan uji keabsahan data.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa
kebijakan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh pihak SDN
Arjowinangun menggunakan sistem pembelajaran daring dengan melalui aplikasi
whatsApp dan google form. Hal tersebut mengubah pola pembelajaran yang
semestinya tatap muka menjadi online selain itu peran orang tua menjadi
bertambah bukan hanya sebagai ibu rumah tangga namun juga berperan untuk
mendampingi anak dan membantu tugas pendidik dalam menyampaikan materi
pelajaran. Sementara itu, peran yang dilakukan pendidik pendidikan agama Islam
yaitu menyampaikan ringkasan materi dalam bentuk video dan memberikan tugas
yang dapat mengarahkan peserta didik untuk berfikir mandiri, kreatif, dan
inovatif. Seiring berjalannya pembelajaran dari berbagai masalah kerap muncul
sehingga dapat menghambat kelancaran kegiatan belajar mengajar. Permasalahan
tersebut dikelompokkan menjadi dua macam yaitu kendala teknis dan kendala non
teknis. Baik dari pihak pendidik maupun pihak orang tua, keduanya berusaha
semaksimal mungkin untuk menemukan solusi yang tepat atas segala
permasalahan yang dihadapi peserta didik. Bahkan keduanya keduanya menjalin
kerja sama yang baik untuk memantau perkembangan potensi anak sehingga
tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dicapai secara optimal.
Kata Kunci : Peran, Pembelajaran daring, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Peran, Pembelajaran daring, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:22
Last Modified: 10 Jan 2022 02:22
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item
View Item