STRATEGI OPTIMALISASI PENDAMPINGAN BELAJAR PAI PADA SISWA SDN 2 SELOGIRI KARANGGAYAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021.

Windi Kuntari, NIM.17116349 and Mustajab, M.Pd.I, NIDN.2130018601 (2021) STRATEGI OPTIMALISASI PENDAMPINGAN BELAJAR PAI PADA SISWA SDN 2 SELOGIRI KARANGGAYAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
HALAMAN ROMAWI.pdf - Published Version

Download (497kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (424kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (304kB)

Abstract

ABSTRAK
Windi Kuntari. 17116349. Strategi Optimalisasi Pendampingan
Belajar PAI Pada Siswa SDN 2 Selogiri Karanggayam Tahun Pelajaran
2020/2021.
Latar Belakang: Siswa mempunyai berbagai kebutuhan yang menuntut
untuk dipenuhi. Hal itu merupakan sumber timbulnya berbagai problem yang
dihadapi para siswa sehubungan dengan adanya kebutuhan-kebutuhan dalam
rangka pendampingan belajar selama covid-19. Problem tersebut ada yang
dapat dipecahkan sendiri, tetapi ada yang sulit untuk dipecahkannya, dalam hal
ini memerlukan bantuan pendidik guna mendampingi belajar siswa selama
covid-19.
Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui Untuk mengetahui Strategi
Optimalisasi pendampingan belajar PAI pada Siswa SDN 2 Selogiri. (2) Untuk
mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam Pendampingan Belajar
PAI pada Siswa SDN 2 Selogiri.
Metode Penelitian: Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah
metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data
penulisan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dan untuk teknik
pengolahan data menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi
optimalisasi pendampingan belajar melakukan guru kunjung, media belajar
menggunakan WhatsApp group, dan metode belajar menggunakan video atau
foto. (2) Faktor penghambat dalam pendampingan belajar yaitu terkendala
kuota internet, anak malas mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas,
beberapa orangtua siswa ada yang tidak memiliki HP. (3) Faktor Pendukung
dalam pendampingan belajar yaitu kepala sekolah mendukung mengadakan
guru kunjung, adanya bantuan kuota internet kemendigbud, sinyal mendukung
untuk mengerjakan tugas. (4) Solusi guru PAI dan Guru kelas dalam
pendampingan belajar melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk yang tidak
pernah mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas.
Kata Kunci: Strategi Pendampingan Belajar, PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pendampingan Belajar, PAI
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:24
Last Modified: 06 Jan 2022 06:24
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item